PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN RANAH PENGETAHUAN SISWA KELAS V SD

Ariyanti, Sonia Shafana (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN RANAH PENGETAHUAN SISWA KELAS V SD. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN RANAH PENGETAHUAN SISWA KELAS V SD)
COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN RANAH PENGETAHUAN SISWA KELAS V)
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN RANAH PENGETAHUAN SISWA KELAS V)
ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN RANAH PENGETAHUAN SISWA KELAS V)
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAYA PENGUATAN RANAH PENGETAHUAN SISWA KELAS V SD)
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
SKRIPSI SONIA SHAFANA ARIYANTI_PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK DENGAN MEMADUKAN TPACK SEBAGAI UPAY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Ariyanti, Sonia Shafana. 2024. Pengembangan Modul Ajar Elektronik dengan Memadukan TPACK sebagai Upaya Penguatan Ranah Pengetahuan Siswa Kelas V SD. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Kegurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (2) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Modul Ajar Elektronik, TPACK, Mata Pelajaran IPAS Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan modul ajar elektronik dengan memadukan TPACK sebagai upaya penguatan ranah pengetahuan siswa kelas V SD, (2) Mengetahui kelayakan dari modul ajar elektronik dengan memadukan TPACK sebagai upaya penguatan ranah pengetahuan siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan DDD-E (decide, design, develop, evaluate). Penelitian berupa pengembangan modul ajar elektronik dengan memadukan TPACK sebagai Upaya penguatan ranah pengetahuan siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V. Data penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media serta angket respon guru dan angket siswa. Data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa validasi dari penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,2 dengan kategori sangat valid, dari penilaian ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,27 dengan kategori sangat valid, dan dari penilaian ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,46 dengan kategori sangat valid. selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 5. Penilaian dari angket respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 4,83. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul ajar dengan memadukan TPACK sebagai upaya penguatan ranah pengetahuan siswa kelas V SD layak diterapkan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar Elektronik, TPACK, Mata Pelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ARIYANTI
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:50
Last Modified: 14 Mar 2024 04:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61977

Actions (login required)

View Item View Item