PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA 4 KOTA JAMBI

Heribertus, Aldiri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (46kB)
[img] Text
COVER JUDUL.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-1.pdf

Download (213kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan teknologi yang sangat pesat yang mempengaruhi berbagai bidang didalam kehidupan terutama bidang pendidikan. Melalui hal ini memaksa dunia pendidikan mengalami perubahan dan transformasi seperti startegi, metode, model, pendekatan dan media pembelajaran yang digunakan. Selain itu hal ini juga didorong oleh problematika klasik yang terus menerus terjadi dalam pembelajaran sejarah dimana pembelajaran yang seringkali dianggap monoton dan membosankan serta hanya berfokus dalam pada bacaan dan hafalan. Sehingga melalui problematika tersebut diperlukan adanya perubahan dan inovasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat disampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Video animasi berbasis Animaker untuk meningkatkan Minat Belajar Sejarah kelas XI SMA 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan ( Research & Development) yang menggunakan Model ADDIE dengan tahapan : Analysis, Desain, Development,Implementation, Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini dengan melakukan uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini 1) Menghasilkan produk berupa media video animasi menggunakan software Animaker. 2) Efektifitas pengunaan produk media video animasi berbasis animaker untuk menigkatkan minat belajar sejarah. terdapat beberapa hasil diantaranya melalui hasil validasi ahli materi dengan skor persentase 90% (Sangat Layak) dan validasi ahli materi dengan skor 98,33%(Sangat Layak) menunjukkan media video animasi berbasis animaker layak digunakan dan di ujicobakan kepada siswa. Setelah itu hasil yang diperoleh dalam melihat respon siswa ialah dengan dengan rata-rata nilai 45,96 dengan persentase 91% (Sangat Baik) melalui hasil ini media video animasi dikategorikan sangat baik. Hasil perhitungan data menggunakan SPSS V26. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa perolehan Sig 2-tailed pada uji efektivitas serta uji peningkatan < 0,05. Artinya, media ini efektif digunakan serta dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Animaker, Minat Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Heribertus
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:18
Last Modified: 18 Mar 2024 03:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62056

Actions (login required)

View Item View Item