FIRMA HARIANJA, RUFER Museum Siginjei Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sejarah Perkembangan Hindu Budha di SMA. JURNAL Museum Siginjei Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sejarah Perkembangan Hindu Budha di SMA.
Text
COVER.docx Download (282kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Harianja, Rufer Firma. 2018. Museum Siginjei Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA: Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd. (II) Nelly Indrayani, S.Hum, M.Hum,. Kata Kunci : Museum Siginjei, Sumber Belajar, Sejarah Perkembangan Hindu Budha Mata Pelajaran Sejarah sering dianggap sebagai mata pelajaran yang cenderung monoton karena guru cenderung menggunakan ceramah dan terpaku hanya kepada buku teks saja. Kurangnya sumber belajar yang digunakan membuat siswa bosan dan mengakibatkan minat belajar siswa rendah dalam pelajaran sejarah. Museum Siginjei merupakan tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai sumber belajar sejarah yang menyajikan berbagai hasil karya dan cipta serta karsa manusia sepanjang jaman. Museum Siginjei memiliki koleksi kebudayaan khususnya peninggalan-peninggalan pada zaman Hindu-Budha. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam (1), Bagaimana latar belakang berdirinya Museum Siginjei, (2) Apa saja koleksi yang terdapat di Museum Siginjei yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah di SMA, (3) Bagaimana koleksi yang terdapat di Museum Siginjei dapat dijadikan sebagai sumber belajar pada materi Sejarah Perkembangan Hindu-Budha di SMA Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari informan, dokumen dan arsip. Subjek dari penelitian adalah pengelola museum, guru dan siswa di SMA. Penelitan ini dilaksanakan di Museum Siginjei dengan berfokus pada koleksi Museum Siginjei yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Pada Materi Sejarah Perkembangan Hindu-Budha pada siswa di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutanya untuk meguji validitas data digunakan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Kemudian teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan, koleksi yang terdapat pada Museum Siginjai dapat dijadikan sumber belajar pada materi sejarah Perkembangan Hindu Budha oleh siswa di SMA. Dalam pemanfaatanya dilakukan sesuai materi pembelajaran yang ada pada silabus pada mata pelajaran sejarah. Dengan menjadikan museum sebagai sumber belajar mereka dapat termotivasi untuk belajar sejarah dan tidak terfokus pada buku teks saja.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RUFER FIRMA HARIANJA |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 04:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6206 |
Actions (login required)
View Item |