Pinandhita, Boy (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Steam Menggunakan Aplikasi CapCut Pada Materi Koloid Kelas XII SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_A1C120025_BOY PINANDHITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (166kB) |
Abstract
Kata Kunci: Video Pembelajaran, STEAM, CapCut, koloid Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran berbasis STEAM menggunakan aplikasi capcut pada materi koloid kelas XII SMA/MA dan Untuk mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran berbasis STEAM menggunakan aplikasi capcut pada materi koloid kelas XII SMA/MA secara teoritis maupun secara praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Develoment dengan menggunakan model Lee & Owens menggunakan kerangka ADDIE. Instrumen penelitian berupa angket. Produk yang dihasilkan dari pengembangan terhadap validasi materi dan ahli media, serta dilakukan penilaian oleh guru kemudian diuji cobakan kepada peserta didik dengan responden kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (saran dan komentar) dan kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan prresentase). Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi dari tim ahli media dengan rerata skor 4,75 (sangat layak) dan ahli materi memperoleh rerata skor 4,58 (sangat layak) serta dinyatakan layak di ujicobakan ke sekolah. Selanjutnya berdasarkan penilaian dan tanggapan guru, diperoleh rerata skor sebesar 4,8 (sangat layak) dan mendapatkan respon yang dangat baik dari peserta didik dengan presentase respon siswa sebesar 93,5% berdasarkan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis STEAM menggunakan aplikasi capcut yang dikembangkan melalui proses pemilihan materi dan tujuan pembelajaran, perancangan pembelajaran berbasis STEAM, pengembangan konten, integrasi teknologi, uji coba dan evaluasi, dan publikasi dan akses. Penelitian yang dikembangkan memperoleh hasil sangat layak secara teoritis dari validator ahli media, ahli materi, dan penilaian guru, serta penilaian secara praktis dilihat dari respon peserta didik bahwa media tersebut dinyatakan sangat layak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, STEAM, CapCut, koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Pinandhita |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:53 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |