SITUMORANG, AGNES MONIKA (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Argumentasi Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Materi Reaksi Redoks. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
Cover.pdf Download (19kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (31kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (160kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (89kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (109kB) |
Abstract
Multimedia interaktif berbasis argumentasi merupakan suatu media pembelajaran elektronik yang bersifat interaktif dan berisi materi disertai dengan video pembelejaran serta soal-soal yang dapat melatih kemampuan argumentasi siswa. Multimedia interaktif berbasis argumentasi ini berfungsi sebagai media pembelajaran yang membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif berbasis argumentasi menggunakan software articulate storyline pada materi reaksi redoks, mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis argumentasi secara konseptual dan prosedural serta untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal berbasis argumentasi pada multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee dan Owens yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk hasil pengembangan ini divalidasi oleh ahli media dan materi lalu dinilai oleh guru untuk selanjutnya diujicobakan dalam kelompok kecil pada siswa kelas XII IPA 2 di SMAN 5 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar angket. Data yang terkumpul berupa skala Likert yang diolah dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah multimedia interaktif berbasis argumentasi yang telah divalidasi oleh ahli media serta ahli materi dan dinyatakan sangat baik untuk diujicobakan. Kemudian, berdasarkan penilaian guru diketahui bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik sehingga dapat diujicobakan kepada siswa. Setelah diujicobakan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan direspon positif oleh siswa serta siswa mampu menjawab soal-soal berbasis argumentasi dalam multimedia interaktif dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif Berbasis Argumentasi, Articulate Storyline, Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SITUMORANG |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 06:28 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62214 |
Actions (login required)
View Item |