PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR

OKTAVIA, TIARA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PENGEMBANGAN)
Tiara Oktavia_A1D120164_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (13MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR)
JUDUL COVER.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR)
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI TUMBUHAN DAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Oktavia, Tiara. 2024. Pengembangan multimedia interaktif berbasis Canva pada materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi kelas IV sekolah dasar : Skripsi, Jurusan Pendidikan anak usia dini dan dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I.,M.Ag. (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Canva Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan multimedia interaktif berbasis Canva pada materi Tumbuhan dan Sumber Kehidupan di Bumi kelas IV Sekolah Dasar. (2) mendeskripsikan validitas produk pengembangan multimedia interaktif berbasis Canva dalam memahami materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi kelas IV sekolah dasar. (3) mendeskripsikan kepraktisan multimedia interaktif penggunaannya pada pembelajaran materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi kelas IV sekolah dasar. Pada penelitian ini, metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dimana terdapat 5 fase atau tahapan utama, diantaranya Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti menganalisis, merancang, mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 56/I Desa Aro di Kabupaten Batanghari. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media dan validasi bahasa. Hasil penelitian pengembangan ini berupa multimedia interaktif berbasis Canva pada materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi kelas IV sekolah dasaryang proses pengembangaannya melalui tahapan model ADDIE. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,8 kategori sangat valid, validasi media memperoleh skor rata-rata 4,87 dengan kategori valid, validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 5 kategori sangat valid, penilaian praktisi memperoleh skor rata-rata 5 kategori sangat praktis, penilaian angket responden peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,368 kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Canva pada materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi kelas IV sekolah dasar ini sangat valid dan praktis. Multimedia interaktif berbasis Canva yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Canva
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:55
Last Modified: 20 Mar 2024 04:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62226

Actions (login required)

View Item View Item