PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMPN SE-KECAMATAN PEMAYUNG PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA

Qoidah, Nikma Nur (2024) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMPN SE-KECAMATAN PEMAYUNG PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
Skripsi_Nikma Nur Qoidah_A1C320067.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Cover Skripsi_Nikma Nur Qoidah_A1C320067.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan, Pernyataan_Skripsi Nikma Nur Qoidah_A1C320067.pdf

Download (673kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi_Nikma Nur Qoidah_A1C320067.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi_Nikma Nur Qoidah_A1C320067.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 Skripsi_Nikma Nur Qoidah_A1C320067.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi_Nikma Nur Qoidah_A1C320067.pdf

Download (452kB)

Abstract

Qoidah, Nikma Nur. 2024. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains terhadap Literasi Digital Peserta Didik SMPN Se-Kecamatan Pemayung pada Materi Zat dan Perubahannya: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Astalini, M.Si., (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains, literasi digital, pembelajaran IPA, zat dan perubahannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital peserta didik SMPN Se-Kecamatan Pemayung pada materi zat dan perubahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain causal assosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN Se-Kecamatan Pemayung dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Sehingga diperoleh sampel pada penelitian ini yaitu 2 kelas. Pengambilan data kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui pengisian instrumen tes soal esai yang diberikan ke setiap peserta didik. Pengambilan data keterampilan proses sains dilakukan melalui kegiatan praktikum yang dinilai oleh observer menggunakan instrumen lembar observasi. Kemudian pengambilan data literasi digital diperoleh melalui pengisian instrumen lembar angket yang diberikan ke setiap peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Selanjutnya data diolah dengan bantuan software SPSS 26 dalam melakukan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear berganda yaitu ditolaknya H0 dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital peserta didik SMPN Se-Kecamatan Pemayung pada materi zat dan perubahannyadengan persentase kontribusi pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains secara bersama-sama terhadap literasi digital sebesar 41,5%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak diteliti dalam penelitian. Persamaan regresi linear berganda yang diperoleh yaitu Y ̂ = 23,979 + 0,101X1+ 0,609X2 yang bermakna kemampuan berpikir kreatif berpengaruh positif terhadap literasi digital dan keterampilan proses sains berpengaruh positif terhadap literasi digital. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains terhadap literasi digital peserta didik SMPN Se-Kecamatan Pemayung pada materi zat dan perubahannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: QOIDAH
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:43
Last Modified: 19 Mar 2024 04:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62235

Actions (login required)

View Item View Item