PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Seprianto, Riski (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Halaman Persetujuan / Halaman Pengesahan)
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Website pada Materi Energi Kelas IV Sekolah Dasar)
SKRIPSI_RISKI SEPRIANTO_A1D120091_PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, validitas, dan kepraktisan multimedia pembelajaran berbasis website pada materi energi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari tahapan assessment and analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 14/I Sungai Baung pada tanggal 3 Januari sampai 3 Februari 2024 dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri 14/I Sungai Baung. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: hasil wawancara kebutuhan terkait pengembangan produk didapatkan dari wawancara kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik kelas IV. Validitas produk didapatkan dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa. Kepraktisan produk didapatkan dari angket respon guru serta peserta didik uji kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran telah melewati prosedur pengembangan model Lee & Owens, dan menunjukkan tingkat validitas produk dari validator media memperoleh rata-rata nilai 4,8 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 96 %, validator materi memperoleh rata-rata nilai 4,91 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 98,18 %, dan validator bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,91 termasuk kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 98 %. Adapun kepraktisan produk yang diperoleh dari peserta didik memperoleh rata-rata nilai 4,92 termasuk kategori “sangat praktis” dengan persentase 98,43 %, dan respon guru memperoleh rata-rata nilai 4,91 dengan kategori “sangat praktis” dengan persentase 98 %. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah multimedia pembelajaran berbasis website pada materi energi kelas IV sekolah dasar telah melalui tahapan prosedur pengembangan model Lee & Owens dan dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Website, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SEPRIANTO
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:25
Last Modified: 26 Mar 2024 03:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62292

Actions (login required)

View Item View Item