PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR

NUR HANAFI, ARDI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR)
COVER.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR)
Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI FULL_ARDI NUR HANAFI.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan secara konseptual media e-komik pada operasi penjumlahan bilangan bulat di sekolah dasar (2) Mengetahui kelayakan secara prosedural media e-komik pada operasi penjumlahan bilangan bulat di sekolah dasar. Panelitian ini merupakan jenis panelitian pengembangan dan model yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Panelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 14/I Sungai Baung. Data panelitian ini diperoleh dari hasil wawancara kepala sekolah, guru, serta peserta didik dan observasi serta validasi media, validasi bahasa, validasi materi dan validasi praktisi. Hasil panelitian ini menunjukan bahwa uji validasi dari beberapa penilaian ahli mendapat persentase (1) validasi materi sebesar 70,45% dengan kriteria baik; (2) validasi media sebesar 89,28% dengan kriteria sangat baik; (3) validasi bahasa sebesar 97,22% dengan kriteria sangat baik; (4) validasi praktisi sebesar 90,90% dengan kriteria sangat baik. Kemudian diuji coba pada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil untuk melihat keterbacaan media e-komik pada operasi penjumlahan bilangan bulat negatif di sekolah dasar dan uji kelompok besar mendapat penilaian respon peserta didik sebesar 93,27% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil panelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media E-Komik pada Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media E-Komik, Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HANAFI
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:53
Last Modified: 21 Mar 2024 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62302

Actions (login required)

View Item View Item