Ahimsa Falah, Farhan (2024) Perencanaan Tebal Perkerasan (Overlay) Menggunakan Metode Analsis Lendutan (PD T-05-2005-B)(Studi Kasus: Ruas Jalan Sp. Tuan - Bts. Kab. Tanjung Jabung Timur). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tebal lapis tambah pada perkerasan jalan dengan menggunakan metode lendutan. Perkerasan jalan merupakan komponen krusial dalam infrastruktur transportasi yang memerlukan perhatian khusus dalam pemeliharaan dan peningkatan kinerjanya. Metode lendutan dipilih sebagai pendekatan analitis karena dapat memberikan informasi yang mendalam mengenai respons struktural perkerasan terhadap beban dan pembebanan lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, di mana pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan dan pengukuran lendutan pada perkerasan jalan yang telah dilakukan overlay. Teknik sampling yang digunakan mencakup pemilihan ruas jalan tertentu yang mewakili kondisi perkerasan yang umum di wilayah penelitian. Data lendutan diperoleh dengan menggunakan alat ukur lendutan yang terkalibrasi secara akurat. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang tebal lapis tambah yang optimal untuk meningkatkan daya dukung perkerasan jalan. Perencanaan lendutan diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik terkait dengan perilaku struktural perkerasan jalan yang memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dalam perencanaan dan pemeliharaan jalan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman tentang metode lendutan sebagai alat Perencanaan yang efektif dalam mengevaluasi perkerasan jalan. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini dapat membantu pihak terkait, termasuk pemerintah daerah dan konsultan jalan, dalam meningkatkan efisiensi dan keandalan infrastruktur jalan dalam mendukung mobilitas dan keberlanjutan transportasi. KATA KUNCI: Jalan, Tebal Perkerasan, Tebal Lapis Tambah, Perencanaan Lendutan ABSTRACT This research aims to analyze the thickness of additional layers in road pavements using the deflection method. Road pavement is a crucial component of transportation infrastructure that requires special attention in maintenance and performance improvement. The deflection method is chosen as an analytical approach because it can provide in-depth information regarding the structural response of pavements to loads and traffic loading. The research method used is descriptive analytics, where data collection is carried out through field surveys and deflection measurements on road pavements that have undergone overlays. The sampling technique used includes selecting specific road sections that represent common pavement conditions in the research area. Deflection data is obtained using accurately calibrated deflection measurement tools. The research results are expected to provide a clear picture of the optimal thickness of additional layers to enhance the load-bearing capacity of road pavements. Deflection planning is expected to provide better insights into the structural behavior of road pavements, enabling more informed decision-making in road planning and maintenance. This research is expected to make a significant contribution to understanding the deflection method as an effective planning tool for evaluating road pavements. The practical implications of this research can assist stakeholders, including local governments and road consultants, in improving the efficiency and reliability of road infrastructure to support mobility and transportation sustainability. KEYWORDS: Road, Pavement Thickness, Additional Layer Thickness, Deflection Planning
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Road, Pavement Thickness, Additional Layer Thickness, Deflection Planning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Falah |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:36 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |