Analisis Produktivitas Hasil Tangkap Berdasarkan Perbedaan Ukuran Kapal Pancing Ulur (Handline) Di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus Sumatera Barat

Elfionita, Cindi and Mairizal, Mairizal and Ramadan, Fauzan (2024) Analisis Produktivitas Hasil Tangkap Berdasarkan Perbedaan Ukuran Kapal Pancing Ulur (Handline) Di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus Sumatera Barat. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Cindi Elfionita E1E019008 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Skripsi Cindi Elfionita E1E019008 (1)_removed.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perbedaan ukuran kapal tentu saja sangat mempengaruhi produktivitas suatu usaha perikanan tangkap. Ukuran kapal memiliki pengaruh terhadap hasil tangkapan dikarenakan GT kapal merupakan kapasitas muat menampung hasil tangkapan, PPS Bungus terdapat berbagai macam ukuran kapal pada pancing ulur (Handline) mulai dari yang terkecil berukuran 10GT hingga yang terbesar berukuran 30GT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang tingkat produktivitas hasil tangkap berdasarkan ukuran GT kapal pancing ulur (Handline) yang berbeda di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus Sumatera Barat berdasarkan ukuran kapal ≤20 GT dan >20 GT. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus Sumatera Barat pada tanggal 4 Juli 2023 sampai 4 Agustus 2023. Materi dan peralatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah BBM yang digunakan selama melaut, kapal pancing ulur (Handline) dengan ukuran GT yang berbeda, alat tulis, kuisioner, handphone untuk dokumentasi, dan laptop yang digunakan untuk pengolahan data selama penelitian. Hasil analisis produktivitas dan regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa kapal berukuran ≤20 GT memiliki nilai produktivitas lebih tinggi daripada kapal dengan ukuran >20 GT. Hal ini disebabkan karena semakin besar ukuran kapal maka akan membutuhkan pengeluaran seperti BBM, dan jumlah tenaga ABK yang lebih besar dibandingkan kapal yang lebih kecil, sehingga dapat menurunkan nilai produktivitasnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pancing Ulur (Handline), Gross Tonnage, Produktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Peternakan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Depositing User: Elfionita
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:33
Last Modified: 21 Aug 2024 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62329

Actions (login required)

View Item View Item