Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa smp muhammadiyah sungai bahar 9

Abdul, Karim (2024) Pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa smp muhammadiyah sungai bahar 9. S1 thesis, Universitas unja.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (564kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (530kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (318kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Skripsi Karim (4)-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
Surat pengesahan.pdf

Download (453kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (46kB)
Official URL: Https://repository.unja.ac.id

Abstract

Lingkungan belajar yang berkualitias dimana terdapat banyak siswa yang berminat untuk belajar,tentu akan memberikan pengaruh kepada seluruh siswa untuk belajar dengan baik dan memacu mereka untuk bersaing meraih prestasi.Lingkungan belajar terdiri dari lingkungan keluarga,lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.Dari ketiga macam lingkungan belajar memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa.Lingkungan keluarga yang baik akan menghasilkan minat belajar siswa yang baik.Lingkungan sekolah yang berkualitas akan memberikan monat belajar siswa yang tinggi,dan lingkungan masyarakat yang baik akan menghasilkan minat belajat siswa yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar kualitas lingkungam belajar untuk mengukir seberapa besar kualitas minat belajar siswa SMP Muhammadiyah Sungai Bahar 9 dan untuk mengungkapkan pengaruh antara lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah Sungai Bahar 9. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan variabel independent ( lingkungan belajar) dan variabel dependetn ( minat belajar siswa) dengan pendekatan yang bersifat deskriptif kuantitatif pepulasi penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah.Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Sungai Bahar 9 sebanyak 65,dengan menggunakan teknik random sampling.Data di analisis menggunakan uji normalitas,uji lineritas,uji regesi dan presentasi. Hasil penelitian mengenai pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah Sungai Bahar 9 yaitu pada lingkungan belajar memperoleh presentase sebesar 60,44% hal ini menunjukan kategori tinggi.Minat belajar siswa memperoleh hasil presentase sebesar 67,37% hal ini menunjukan kategori tinggi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan diketahui diperoleh terhitung sebesar 3,749 sehingga terdapat pengaruh yang cukup kuat dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah Sungai Bahar 9.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: karim
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:53
Last Modified: 10 Jul 2024 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62358

Actions (login required)

View Item View Item