PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI CINTA INDONESIA SEKOLAH DASAR

ILHAM, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI CINTA INDONESIA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD ILHAM_FULL BAB.pdf

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAH.pdf

Download (550kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, data yang diperoleh menunjukkan bahwa belum tersediannya media pembelajaran, khususnya menggunakan teknologi atau instrumen pembelajaran interaktif yang dimanfaatkan oleh pendidik. Hal ini menyebabkan ketidakpedulian dan kegembiraan di kalangan peserta didik dalam pengalaman pendidikan. Konsekuensinya, pendidik harus kreatif dalam melaksanakan media pembelajaran yang cerdas.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Fokus utama dari penelitian ini adalah menjelaskan tahapan dalam proses pengembangan serta menilai sejauh mana efektivitas produk media pembelajaran interaktif yang telah dihasilkan. Penelitian ini memanfaatkan platform Canva untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang ditujukan untuk materi Bab VI Bahasa Indonesia pada kelas V sekolah dasar.Hasil dari riset dan pengembangan ini menciptakan suatu bentuk media pembelajaran interaktif untuk materi Cinta Indonesia kelas V di Sekolah Dasar. Pembuatan media pembelajaran interaktif ini dilakukan dengan menerapkan aplikasi Canva. Fokus utama dari materi dalam media pembelajaran ini adalah pembahasan tentang Cinta Indonesia yang terdapat pada Bab VI buku siswa Bahasa Indonesia. Proses pengembangan media ini mengikuti model DDD-E.1. Secara konseptual, Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat kelas V di sekolah dasar telah berhasil melewati tahap uji validitas yang melibatkan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasilnya menunjukkan bahwa media tersebut dinyatakan sangat layak untuk digunakan. 2. Secara prosedural, Dalam pengembangan media pembelajaran interaktif untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di sekolah dasar, data diperoleh melalui pengisian angket respons dari pendidik dan peserta didik, dengan mendapatkan predikat sangat praktis. In a preliminary study conducted by researchers, the data obtained showed that learning media were not yet available, especially using technology or interactive learning instruments that were utilized by educators. This leads to indifference and excitement among students in the educational experience. Consequently, educators must be creative in implementing intelligent learning media. This research is included in the type of research and development (R&D). The main focus of this research is to explain the stages in the development process and assess the effectiveness of the interactive learning media products that have been produced. This research utilizes the Canva platform to produce interactive learning media aimed at Chapter VI Indonesian material in class V elementary schools. The results of this research and development create a form of interactive learning media for class V Indonesian Love material in elementary schools. This interactive learning media was created by applying the Canva application. The main focus of the material in this learning media is the discussion about Indonesian Love which is contained in Chapter VI of the Indonesian language student book. The media development process follows the DDD-E.1 model. Conceptually, the development of interactive learning media for Indonesian language subjects at grade V level in elementary schools has successfully passed the validity testing stage involving material experts, language experts and media experts. The results show that the media is declared very suitable for use. 2. Procedurally, in developing interactive learning media for class V Indonesian language learning in elementary schools, data was obtained through filling out response questionnaires from educators and students, with the title being very practical.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ILHAM
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:49
Last Modified: 27 Mar 2024 04:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62404

Actions (login required)

View Item View Item