Sholikhatun, Dzuly Ernawati (2018) Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kota Jambi. Kematangan Emosi, Perilaku Prososial. (Unpublished)
Text
COVER.pdf Download (69kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (70kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
Abstract
ABSTRAK Dzuly Ernawati Sholikhatun, 2018. “Hubungan Kematangan Emosi dengan Perilaku Prososial Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kota Jambi”. Pembimbing: Drs. Joni Afri, M. Pd dan Dr. Akmal Sutja, M. Pd Perilaku prososial merupakanhasrat untuk menolong orang lain tanpa memikirkan kepentingan-kepentingan sendiri. Perilaku prososial siswa dapat dimengerti sebagai perilaku siswa yang menguntungkan siswa lainnya. Perilaku prososial siswa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain kematangan emosi.Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi, (2) mendeskripsikan kematangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi, (3) mendeskripsikan hubungan kematangan emosi dengan perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi, denganjumlah sampel sebanyak 78orang, yang dipilih dengan teknik simple random sampling dan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama, keduadianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini: (1)Secara rata-rata keseluruhan perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 69,51%., (2)Secara rata-rata keseluruhan kematangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 70,26%., (3)berdasarkan tabel corelations menunjukkan hubungan hubungan kematangan emosi dengan perilaku prososial sangat kuat yaitu 0,901 dengan signifikan 0,000, (4) Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kematangan emosi yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi, maka semakin tinggi perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi, begitu juga sebaliknya semakin rendah kematangan emosi yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi, maka semakin rendah pula perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Jambi. Kata Kunci: Perilaku Prososial, Kematangan Emosi
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DZULY ERNAWATI SHOLIKHATUN |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 01:12 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 01:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6241 |
Actions (login required)
View Item |