PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POSTER PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

siswanto, Argi Eko (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POSTER PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I argi.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II argi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB III argi.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV argi.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V argi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (123kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Siswanto, Argi Eko. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran E-Poster pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, e-Poster, Pembelajaran IPAS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara konseptual pengembangan media pembelajaran e-Poster pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar dan mengetahui kelayakan secara prosedural pengembangan media pembelajaran e-Poster pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (Mix Methode). Penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran e-Poster pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar. Materi yang tersaji pada media pembelajaran e-Poster yakni pada Bab 1 yang membahas tentang Tumbuhan sebagai sumber kehidupan di bumi. Fokus dari e-Poster ini adalah pada Topik B, yaitu Fotosintesis, yang merupakan proses paling penting di bumi. Penelitian pengembangan media ini menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian tahun ajaran 2023/2024. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media, dan validasi bahasa serta dari angket respon pendidik dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat layak, penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata sebesar 4,45 dengan kategori produk sangat layak serta penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori sangat layak. Penilaian dari respon pendidik mendapat rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori Sangat Praktis, dan penilaian dari respon peserta didik mendapat skor rata-rata 4,67 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran e-Poster pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, e-Poster, Pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Siswanto
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:56
Last Modified: 28 Mar 2024 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62464

Actions (login required)

View Item View Item