Dwi Ananda, Kurnia (2023) Pengaruh Literasi Digital dan Pengetahuan Technopreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2018-2019. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
abstrak.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (444kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (372kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (225kB) |
|
Text
SKRIPSI KURNIA DWI ANANDA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengangguran dan kemiskinan masih menjadi permasalahan di Indonesia. Pengangguran dan kemiskinan terjadi karena perbandingan antara jumlah penawaran kesempatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lulusan atau penawaran tenaga kerja baru. lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi sumberdaya yang berkualitas dan dapat berkontribusi dalam peningkatan perekonomian Negara. Namun pada kenyataannya mendapatkan pekerjaan masih sangat sulit untuk lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh pola pikir para lulusan perguruan tinggi yang berpikir bahwa menjadi pegawai dapat menjamin kelangsungan hidup kedepannya. Hal ini menjadi dasar penguat peneliti menduga intensi berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2019 perlu dikaji lebih lanjut Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan pengetahuan technopreneurship terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto.penelitian dilakukan pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi angkatan 2018-2019 dengan 117 responden. enelitian ini menggunakan model regresi linear berganda. data diolah menggunakan dan Statistical Product and Service Solution (SPSS) realease 20,0 for windows. Hasil penelitian menunjukan variabel pengetahuan technopreneurship berpengaruh positif secara parsial terhadap intensi berwirausaha, Hasil analisis regresi ganda antara variabel literasi digital dan pengetahuan technopreneurship sama terhadap intensi Berwirausaha menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 47.864 > 3,1 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari literasi digital dan pengetahuan technopreneurship secara bersama-sama terhadap intensi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi angkatan 2018-2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antar variabel literasi digital dan pengetahuan technopreneurship terhadap intensi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi angkatan 20182019. mahasiswa dapat meningkatkan intensi berwirausaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mampu bersaing di era globalisas. Kata Kunci: Literasi Digital, Pengetahuan Technopreneurship, Intensi Berwirausaha ABSTRACT Unemployment and poverty are still problems in Indonesia. Unemployment and poverty occur because the ratio between the number of job opportunities offered is not proportional to the number of graduates or the supply of new workers. College graduates are expected to become quality resources and can contribute to improving the country's economy. However, in reality, getting a job is still very difficult for college graduates. Caused by the mindset of college graduates who think that becoming employees can ensure their survival in the future. This is the reason why researcher research about entrepreneurial intentions of 20182019 Economic Education Students to be studied further. This research aims to provide an overview and analyze the influence of digital literacy and technopreneur-ship knowledge on the entrepreneurial intentions of Economic Education Students at Jambi University. This is a quantitative research using an ex post facto method. The research was conducted on Jambi University Economics Education Students class 2018-2019 with 117 respondents. This research uses a multiple linear regression model. The data was processed using Statistical Product and Service Solution (SPSS) Release 20.0 for Windows. The results of the research show that the variable technopreneur-ship knowledge has a partial positive effect on entrepreneurial intentions. The results of the multiple regression analysis between the variables digital literacy and technopreneur-ship knowledge are the same on entrepreneurial intentions, showing a value of Fcount > Ftable, namely 47,864 > 3.1 and a significance value of 0.000 < 0.05. This means that there is a significant influence of digital literacy and technopreneur-ship knowledge together on the entrepreneurial intentions of Economic Education Students at Jambi University class of 2018-2019. The results of this research show that there is a positive and significant influence between the variables of digital literacy and technopreneur-ship knowledge on the entrepreneurial intentions of Economic Education Students at Jambi University class of 2018-2019. Students can increase their entrepreneurial intentions to create jobs and be able to compete in the era of globalization. Keyword: Digital Literacy, Technopreneurship, Entrepreneurial Intention
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Literacy, Technopreneurship, Entrepreneurial Intention |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ANANDA |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:05 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62478 |
Actions (login required)
View Item |