Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas VIII Di SMP N 22 Kota Jambi

Kartika, Desy Rahma (2024) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas VIII Di SMP N 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (680kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_DESY RAHMA KARTIKA_A1E119120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Bimbingan Konseling merupakan kegiatan yang bersumber pada kehidupan manusia. Karena dalam kehidupan, manusia selalu mengalami masalah yang bermacam-macam, manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. Bimbingan Konseling merupakan rangkaian program layanan yang diberikan kepada siswa agar mereka mampu berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa efektif kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role-playing dalam membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMP N 22 Kota Jambi. Di dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai masalah dalam pembelajaran di sekolah khususnya dalam keterampilan berbicara yaitu di dalam keterampilan berbicara siswa kurang senang dan antusias pada saat jam belajar. Siswa cenderung diam dan kurang dapat mengekspresikan perasaannya. Tidak sedikit juga siswa yang kurang mudah bergaul dan kurang memiliki teman di sekolah. Di SMP negeri 22 Kota Jambi terdapat beberapa siswa yang lebih suka menyendiri dibanding bermain dengan temannya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Layanan (PTL), yang bertujuan untuk menemukan perbaikan atau pemantapan praktik layanan bimbingan konseling yang dilakukan secara sistematis, (Sutja dkk., 2017:140). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali tindakan. Setiap tindakan diukur presentase yang diperoleh berdasarkan data proses dan data hasil. Pada siklus 1 tindakan I diperoleh presentase layanan bimbingan kelompok sebesar 46,15% dengan kategori sangat rendah. Siklus 1 tindakan II, 53,84% dengan kategori rendah. Siklus 2 tindakan I, 61,53% dengan kategori sedang. Siklus 2 tindakan II, 82% dengan kategori Tinggi. Siklus 3 tindakan I, 89,74% dengan kategori samgat tinggi. Siklus 3 tindakan II, 94,87% dengan kategori sangat tinggi. Layanan bimbingan kelompok yang dilakukan pada setiap tindakan dilakukan evaluasi dan refleksi yang menunjang untuk perbaikan pada layanan selanjutnya sehingga mendapatkan perubahan yang cukup baik disetiap layanan yang dilakukan. Hasil dari presentase data hasil yang berupa angket atau kuesioner yang diberikan siswa, juga memperoleh peningkatan yang cukup baik. Siklus 1 tindakan I mendapat hasil 62,10% dengan kategori sedang hingga siklus 3 tindakan II mendapat hasil 81,28% dengan kategori tinggi. Dari hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan tingkat keterampilan berbicara pada siswa. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Keterampilan Berbicara.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Kartika
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:23
Last Modified: 10 Jul 2024 07:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62493

Actions (login required)

View Item View Item