KESIAPAN GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

TAUFIK, Muhammad and Denmar, Denny and Saudagar, Ferdiaz (2024) KESIAPAN GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesiapan Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian Studi Kasus dan teknik pengumpulan data dengan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat diperoleh simpulan bahwa (1) Kesiapan guru dalam memanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran kurikulum merdeka di SMA Negeri 7 Kota Jambi sudah secara efektif memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Untuk mendukung penggunaan teknologi ini, pihak sekolah telah menyediakan fasilitas seperti laptop, komputer, proyektor, dan WiFi. Penggunaan beragam media dan teknologi tersebut bertujuan untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa. (2) Kendala-kendala yang dialami guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada proses pembelajaran kurikulum merdeka di SMA Negeri 7 Kota Jambi yaitu kurangnya ketersediaan peralatan teknologi dan gangguan seperti padamnya listrik, yang dapat menghambat penggunaan teknologi secaraoptimal dan mengganggu kelancaran pembelajaran. Selain itu, masih terdapatnya guru yang belum menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: TAUFIK
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:41
Last Modified: 01 Apr 2024 07:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62515

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item