PERSPEKTIF GURU DAN SISWA SMKS FANIA SALSABILA KOTA JAMBI TENTANG URGENSI PEMBELAJARAN HUKUM KETENAGAKERJAAN UNTUK MEMBANGUN ENTREPRENEURSHIP ALUMNI

Rafindo, Yanuar (2024) PERSPEKTIF GURU DAN SISWA SMKS FANIA SALSABILA KOTA JAMBI TENTANG URGENSI PEMBELAJARAN HUKUM KETENAGAKERJAAN UNTUK MEMBANGUN ENTREPRENEURSHIP ALUMNI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (224kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak adanya pembelajaran di sekolah menengah kejuruan yang membahas pentingnya mengetahui hak dan kewajiban sebagai pekerja. Urgensi pembelajaran hukum ketenagakerjaan mempunyai peran untuk entrepeneurship alumni sekolah menengah kejuruan. Siswa SMK penting untuk mengetahui hak dan kewajiban mereka sebagai pekerja dan bekal untuk memasuki dunia pekerjaan setelah lulus dari sekolah nantinya. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif guru dan siswa SMKS Fania Salsabila Kota Jambi tentang urgensi pembelajaran hukum ketenagakerjaan untuk membangun entrepreneurship alumni. Untuk mengetahui pentingnya hak dan kewajiban sebagai pekerja, lalu mengenai hukum ketenagakerjaan yang ada. Penelitian ini dilakukan di SMKS Fania Salsabila Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan melakukan obeservasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru, siswa serta kepala seksi kurikulum penilaian SMK dinas Provinsi Jambi. Dengan informan yang dijadikan subjek meliputi: 2 guru, 3 siswa dan 1 dinas provinsi Jambi. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif Narrative Research. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa perspektif guru dan siswa SMK tentang urgensi pembelajaran hukum ketenagakerjaan adalah positif. Guru dan siswa kurang mengetahui, memahami hukum ketenagakerjaan namun mengetahui penting dan menyetujui adanya pembelajaran hukum ketenagakerjaan. Artinya, pengetahuan guru dan siswa tentang hukum ketenagakerjaan tidak terpenuhi. Karena tidak adanya pembelajaran mengenai hukum ketenagakerjaan kurangnya pemahaman untuk mengetahui hak dan kewajiban sebagai pekerja dan kurangnya sosialisasi mengenai hukum ketenagakerjaan pada materi pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dan siswa serta dinas provinsi Jambi saling bekerjasama untuk merealisasikan pembelajaran hukum ketenagakerjaan pada kurikulum maupun sekolah menengah kejuruan. Agar dapat menciptakan siswa dan lulusan SMK yang berjiwa entrepreneurship yang berkualitas paham akan hak dan kewajiban sebagai pekerja. This research is motivated by the absence of lessons in vocational high schools that discuss the importance of knowing your rights and obligations as a worker. The urgency of learning employment law plays a role in entrepreneurship for vocational high school alumni. It is important for vocational school students to know their rights and obligations as workers and to be equipped to enter the world of work after graduating from school. This research aims to find out the perspectives of teachers and students at Fania Salsabila Vocational School, Jambi City regarding the urgency of learning employment law to develop entrepreneurial alumni. To find out the importance of your rights and obligations as a worker, then regarding existing employment laws. This research was conducted at Fania Salsabila Vocational School, Jambi City. Research data was obtained by observing, interviewing and documenting teachers, students and the head of the Jambi Province official vocational school assessment curriculum section. The informants used as subjects included: 2 teachers, 3 students and 1 Jambi provincial office. The approach used is a descriptive qualitative approach with descriptive qualitative research type Narrative Research. The research results can be concluded that the perspective of vocational school teachers and students regarding the urgency of learning employment law is positive. Teachers and students do not understand labor law, but know it is important and agree that learning about labor law is important. This means that teachers and students' knowledge of employment law is not met. Because there is no learning about labor law, there is a lack of understanding of the rights and obligations as a worker and there is a lack of socialization about labor law in learning materials. From the results of this research, it is recommended that teachers and students as well as Jambi provincial offices collaborate with each other to realize labor law learning in the curriculum and vocational high schools. In order to create quality students and vocational school graduates who have an entrepreneurial spirit who understand their rights and obligations as workers.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perspektif, Hukum Ketenagakerjaan, Entrepreneurship
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: RAFINDO
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:59
Last Modified: 01 Apr 2024 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62530

Actions (login required)

View Item View Item