Pengaruh Model Pembelajaran inquiry based learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi

Halimah, Halimah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran inquiry based learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak halimah .pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
cover elista halimah (1).pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN (1).pdf

Download (167kB)
[img] Text
skripsi halimah ful pdf fiks.pdf

Download (3MB)
[img] Text
lembar pengesahan .pdf

Download (115kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 8 Muara Jambi terdapat sebuah permasalahan yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Masalah yang terdapat dalam proses pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi tahun pelajaran 2023/2024. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penulisan ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment design rancangan penelitian nonequevalent control group design. Yang menjadi populasi adalah kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X E2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E6 sebagai kelas kontrol, yang jumlah keseluruhan siswanya 224 siswa. Sedangkan data diperoleh dengan cara menyebarkan tes berupa soal kepada siswa. Setelah jawaban dari tes soal didapatkan, data dianalisis secara kuantitatif. Teknik analisis data dalam penulisan ini adalah uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasakan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan t-test independent sample diperoleh nilai thitung>ttabel, nilai ttabel sebesar 1.669. maka thitung > ttabel yaitu 9.386 > 1.669 dan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005 maka dapat disimpulkan bahwa maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan kata lain ” Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi semester ganjil tahun ajaran 2023/2024”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: HALIMAH
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:39
Last Modified: 01 Apr 2024 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62540

Actions (login required)

View Item View Item