Halimah, Halimah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran inquiry based learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
abstrak halimah .pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
cover elista halimah (1).pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN (1).pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
skripsi halimah ful pdf fiks.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan .pdf Download (115kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 8 Muara Jambi terdapat sebuah permasalahan yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Masalah yang terdapat dalam proses pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi tahun pelajaran 2023/2024. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penulisan ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment design rancangan penelitian nonequevalent control group design. Yang menjadi populasi adalah kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X E2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E6 sebagai kelas kontrol, yang jumlah keseluruhan siswanya 224 siswa. Sedangkan data diperoleh dengan cara menyebarkan tes berupa soal kepada siswa. Setelah jawaban dari tes soal didapatkan, data dianalisis secara kuantitatif. Teknik analisis data dalam penulisan ini adalah uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasakan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan t-test independent sample diperoleh nilai thitung>ttabel, nilai ttabel sebesar 1.669. maka thitung > ttabel yaitu 9.386 > 1.669 dan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005 maka dapat disimpulkan bahwa maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan kata lain ” Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Negeri 8 Muaro Jambi semester ganjil tahun ajaran 2023/2024”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | HALIMAH |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 06:39 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |