Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemanfaatan Literasi Digital Untuk Penyelesaian Tugas Mahasiswa PPKn Universitas Jambi

Ikhsan, Muhammad (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemanfaatan Literasi Digital Untuk Penyelesaian Tugas Mahasiswa PPKn Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (525kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (44kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memperkuat ketergantungan pada media digital untuk akses informasi dan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun Literasi digital penting bagi pengembangan akademik, kemampuan berpikir kritis dalam menganalisis dan menyusun informasi masih kurang pada mahasiswa PPKn. Hasil kuesioner awal dan wawancara dengan mahasiswa juga mengungkapkan kecenderungan copy-paste tanpa validasi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam kemampuan berpikir kritis mahasiswa PPKn dalam memanfaatkan Literasi digital untuk penyelesaian tugas, serta kendala yang dihadapi dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti melakukan wawancara dengan mahasiswa PPKn (sebagai data utama) dan dosen (sebagai data penunjang), observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data atau informasi. Kemudian direduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, data yang dihasilkan nantinya berbentuk penjabaran berupa kata-kata. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa mahasiswa seringkali melakukan copy�paste tanpa memverifikasi validitas informasi, meskipun diberikan arahan oleh dosen dalam memanfaatkan Literasi digital. Mahasiswa cenderung menggunakan langkah-langkah sederhana dalam mencari solusi masalah, mengutip dari Google tanpa evaluasi mendalam, serta kurang kritisitas dalam memilih, mengevaluasi sumber informasi. Kurangnya pendekatan sistematis dalam evaluasi informasi menjadi temuan utama. Mayoritas mahasiswa mengandalkan copy-paste tanpa memahami teori dengan baik. Kesulitan dalam membaca dan mencari sumber informasi yang sesuai, bersama dengan kurangnya motivasi dan akses informasi, menjadi hambatan utama dalam pemanfaatan Literasi digital. Sebagai solusi, dianjurkan untuk memberikan motivasi, pelatihan literasi informasi, serta sumber daya online relevan kepada mahasiswa, peningkatan daya literasi informasi, pemanfaatan perpustakaan digital, dan konsultasi dengan dosen juga direkomendasikan untuk mengatasi kendala tersebut.Dari hasil penelitian ini dosen diharapkan untuk memberikan upaya-upaya terbaik dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis ketika menggunakan Literasi digital seperti pemberian pelatihan Literasi digital, peningkatan motivasi diri mahasiswa agar mahasiswa lebih kritis dalam mengelola informasi yang di dapat guna penyelesaian tugasnya. The development of digital technology has strengthened the dependence on digital media for access to information and knowledge in everyday life. for access to information and knowledge in everyday life. Despite the importance of digital literacy for academic development, the ability to ability to think critically in analyzing and compiling information is still lacking for Civics students. The results of the initial questionnaire and interviews with students also revealed a tendency to copy-paste without validating information. This research This study aims to better understand the critical thinking skills of Civics students in utilizing digital literacy for assignment completion. Civics students in utilizing digital literacy for assignment completion, as well as the obstacles faced and their solutions. This research uses a qualitative research approach with a case study method. method. Researchers conducted interviews with Civics students (as the main data) and lecturers (as supporting data). main data) and lecturers (as supporting data), observation, and documentation to get data or information. get data or information. Then reduced, presenting data, and drawing conclusions. drawing conclusions, the resulting data will be in the form of a description in the form of words. in the form of words. The results of this study reveal that students often copypaste without verifying the validity of the information, even though they are given directions by lecturers in utilizing digital literacy. lecturers in utilizing digital literacy. Students tend to use simple steps in finding solutions to problems, quoting from Google without in-depth evaluation, and lacking criticality. without in-depth evaluation, as well as lacking criticality in selecting and evaluating information sources. information sources. Lack of systematic approach in evaluating information

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berpikir, kritis, literasi, digital.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: IKHSAN
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:00
Last Modified: 01 Apr 2024 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62544

Actions (login required)

View Item View Item