Solisa, Tazkia Aulia Cahya (2024) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKA (BUSAMA) BERILUSTRASI BUDAYA JAMBI MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP/MTs. S1 thesis, Univeristas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (742kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (818kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Buku Saku Matematika (BUSAMA) berilustrasi Budaya Jambi menggunakan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP/MTs ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas VII E MTs Laboratorium Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan Buku Saku Matematika (BUSAMA) berilustrasi Budaya Jambi menggunakan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP/MTs berdasarkan segi kualitas yang meliputi valid, praktis dan efektif memperoleh tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 80,00% dengan kategori sangat valid, dan pada aspek desain sebesar 80,00% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan dilihat dari angket praktikalitas oleh guru diperoleh persentase sebesar 94,78% dengan kategori sangat praktis, dan tingkat kepraktisan dari angket praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 90,37% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket efektivitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 89,6% dengan kategori sangat efektif. Adapun hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,635 dengan kategori peningkatan sedang. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat dengan Pengembangan Buku Saku Matematika (BUSAMA) Berilustrasi Budaya Jambi Menggunakan Project Based Learning (PjBL).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Solisa |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 02:03 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 02:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |