PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA FOR EDUCATION UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR

MAULANA, IRSYAD (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA FOR EDUCATION UNTUK KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover-daftar lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (206kB)
[img] Text
IRSYAD MAULANA_A1D120027_FULL SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Irsyad halaman pengesahan20240403_04175160.pdf

Download (335kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika pada permainan tradisional kelereng menggunakan aplikasi canva for education untuk kelas VI sekolah dasar, (2) mendeskripsikan uji kelayakan bahan ajar berbasis etnomatematika pada permainan tradisional kelereng menggunakan aplikasi canva for education untuk kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design,development, implementation, dan evaluation). Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, ahli praktisi serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi bahasa, media, materi, angket respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 10/IV Kota Jambi. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi para ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik,observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Hasil penelitian dan pengembangan meliputi (1) bahan ajar berbasis etnomatematika pada permainan tradisional kelereng menggunakan aplikasi canva for education untuk kelas VI sekolah dasar, (2) hasil uji kelayakan bahan ajar diantaranya hasil validitas bahan ajar dari validasi bahasa dengan skor rata-rata 4,9 dalam kategori sangat valid, hasil validasi media dengan skor rata-rata 4,7 dalam kategori sangat valid, dan hasil validasi materi dengan skor rata-rata 4,7 dalam kategori sangat valid, hasil kepraktisan bahan ajar dari angket respon pendidik dengan skor rata-rata 4,9 dalam kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,6 dalam kategori sangat praktis.Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika pada permainan tradisional kelereng menggunakan aplikasi canva for education untuk kelas VI sekolah dasar sangat layak (sangat valid dan sangat praktis).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Etnomatematika, Permainan Tradisional Kelereng, Aplikasi Canva
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Maulana
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:47
Last Modified: 03 Apr 2024 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62598

Actions (login required)

View Item View Item