KARAKTERISTIK DAN KUALITAS JALINAN BUTIR-BUTIR PIKIRAN DALAM TULISAN ESAI EKSPOSITIF SISWA SMP KABUPATEN MERANGIN

Kuntarto, Eko and Wibowo, Imam S. KARAKTERISTIK DAN KUALITAS JALINAN BUTIR-BUTIR PIKIRAN DALAM TULISAN ESAI EKSPOSITIF SISWA SMP KABUPATEN MERANGIN. Repository Unja. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal-Karakteristik.pdf

Download (265kB) | Preview
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada karakteristik dan kualitas jalinan butir-butir pikiran pada tulisan ekspositif (TE) siswa SMP di Kabupaten Merangin. Melalui ancangan kuantitatif-kualitatif, didekripsikan hasil-hasil penelitian sebagai berikut. (1) Karakteristik yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah Sudut Pandang (43,5%), Umum-Khusus (25,6%), Contoh (7,6%), Klimak-Antiklimak (5,1%), Sebab-Akibat (5,1%), dan Klasifikasi (5,1%); (2) Karakteristik yang paling sedikit digunakan adalah Perbandingan dan Pertentangan (2,5%), Analogi (2,5%), dan Proses (2,5%); (3) Karakteristik yang tidak dipilih siswa adalah Definisi Luas/DL (0%); (4) Hanya 33,3% TE yang sempurna bagian-bagiannya; (5) 10 orang telah membuat TE dengan kualitas jalinan butir-butir pikiran kategori Sangat Baik (SB), 9 orang kategori Baik (B), 6 orang kategori Cukup Baik (CB), dan 14 orang kategori Kurang Baik (KB); (4) 10 orang TE-nya berkualitas baik, dan 29 orang TE-nya belum berkualitas baik. Berdasarkan hasil penelitian disampaikan saran-saran: (1) Guru Bahasa Indonesia SMP perlu memberi kesampatan lebih banyak kepada siswa untuk berlatih mengembangkan kemampuan menulis melalui pembelajaran saintifik; (2) Pembelajaran menulis di SMP hendaknya bersumber pada materi pembelajaran autentik; (3) Materi pembelajaran menulis perlu menekankan aspek-aspek syarat koherensi dan kohesi karangan, penggunaan pemarkah-pemarkan transisi, kata ganti, sinonim, pengulangan, dan kata perangkai (konjungsi).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kuntarto
Date Deposited: 06 May 2017 02:40
Last Modified: 06 May 2017 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item