PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN BAHAN CUKA DAN SODA TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI

RESI, MAIDA PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN BAHAN CUKA DAN SODA TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN BAHAN CUKA DAN SODA TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH KECAMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (45kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (104kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Resi, Maida. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen dengan Bahan Cuka dan Soda terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Khalifah Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., (II) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: metode eksperimen, kreativitas Hasil pengamatan awal peneliti di TK Khalifah Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi pada usia 5-6 tahun terdapat 15 dari 20 anak yang kreativitasnya masih belum berkembang secara optimal. Masih belum berkembangnya kreativitas anak ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, dimana anak hanya mengikuti apa yang guru contohkan. Selain itu, anak juga sering mengikuti karya teman misalnya pada saat kegiatan menggambar dan mewarnai. Anak juga terlihat tidak mengeluarkan pendapat atau ide kreatifnya pada saat pembelajaran. Hal lain yang juga terlihat adalah kurang aktifnya anak dalam mengajukan pertanyaan dan hanya diam saja saat ditanya oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode eksperimen dengan bahan cuka dan soda terhadap pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Khalifah Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. Melalui eksperimen anak-anak dapat menumbuhkan ide-ide baru yang belum pernah mereka temui. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Pre-Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design, dimana dalam design ini peneliti melakukan pengukuran sebanyak dua kali yakni sebelum diberi perlakuan (pre test) dan sesudah diberi perlakuan (post test). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK B Khalifah Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi yang berjumlah 20 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrument penelitian berupa angket, kemudian peneliti memberikan perlakuan, dan memberikan posttest atau tes kembali untuk melihat pengaruh penggunaan metode eksperimen dengan bahan cuka dan soda terhadap pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Khalifah Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. Setelah semua data didapatkan, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96, sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,919 ternyata Zhitung > Ztabel. Selanjutnya besar pengaruhnya yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen’s d sebesar 1,42 yang berarti Strong effect (Kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa metode eksperimen dengan bahan cuka dan soda berpengaruh kuat terhadap pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Khalifah Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MAIDA RESI
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:10
Last Modified: 11 Dec 2018 01:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item