KRISTINA D, MELISA PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI PERAN PELAKU KEGIATAN EKONOMI UNTUKKELAS X IPS DI SMAN 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI PERAN PELAKU KEGIATAN EKONOMI UNTUKKELAS X IPS DI SMAN 7 KOTA JAMBI.
Text
1. COVER .doc Download (562kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (176kB) | Preview |
|
Text
DAFTARISI.docx Download (11kB) |
||
Text
BAB I.rtf Download (94kB) |
||
Text
BAB V.rtf Download (56kB) |
Abstract
ABSTRAK Kristina, Melisa 2018. “Pengembangan Media Belajar Berbasis 3D Pageflip Professional Pada Materi Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi di SMAN 7 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Hj Farida Kohar, M.P (II) Riyo Riyadi, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Media Belajar, 3D Pageflip Professional,Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia pendidikan dapat mempermudah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu tertentu, melainkan dapat berlangsung kapan saja dan dimana saja karena didukung oleh perkembangan yang luar biasa di bidang ICT yaitu: komputer, multimedia dan telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media belajar peran pelaku kegiatan ekonomi menggunakan 3D Pageflip Professional dan mengetahui respon siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 kota Jambi terhadap media belajaryang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap Analisis (Analysis) pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan, karakteristik siswa, materi dan teknologi pendidikan, Desain (Design), Pengembangan (development) pada tahap ini dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi serta penilaian oleh guru, Penerapan (implementation) pada tahap ini dilakukan uji coba kelompok kecil dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian diperoleh penilaian ahli materi, ahli media dan penilaian guru terhadap produk media belajar berturut-turut reratanya adalah 3,4 “sangat baik”, 3,8 “sangat baik” dan 3,8 “sangat baik” dari hasil tersebut dinyatakan layak oleh validator dan penilaian guru dan hasil respon siswa dari segi isi, tampilan dan penggunan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 94% dan 96% “sangat baik” dan menyatakan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk media belajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ahli materi, ahli media, dan penilaian guru menilai media belajar peran pelaku kegiatan ekonomi menggunakan 3D Pageflip Professional sangat baik digunakan dan siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk media belajar yang dikembangkan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MELISA KRISTINA D |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 01:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 01:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6279 |
Actions (login required)
View Item |