KAJIAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2103 PADA PEMBELAJARAN CALISTUNG DI SEKOLAH DASAR

Kuntarto, Eko and Nelli, Destri KAJIAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2103 PADA PEMBELAJARAN CALISTUNG DI SEKOLAH DASAR. Repository Unja. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal-Implementasi K-13.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Calistung di SD ini dilaksanakan menggunakan ancangan deskriptif kuantitatif-kualitatif. Sasaran penelitian adalah pemahaman guru terhadap konsep dasar K-13 dan implementasinya dalam kegiatan pembelajaran calistung. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan rata-rata guru SD terhadap K-13 untuk aspek umum 100%, (2) aspek Kerangka Dasar 49,12%, (3) aspek Buku Guru 51,87%, (4) aspek Buku Siswa 73,02%, (5) aspek Pengetahuan tentang pendekatan pembelajaran saintifik 73,30%, dan (6) aspek Penilaian Otentik 100%. Implementasi K-13 pada pembelajaran calistung di SD menunjukkan bahwa RPP yang disusun oleh guru telah memenuhi kriteria K-13. Pada aspek Kegiatan Pembelajaran, sebagian besar guru telah melaksanakan K-13 dalam pembelajaran calistung. Kelemahan aspek ini adalah guru kurang mampu memanfaatkan sumber-sumber belajar dari alam sekitar dan guru cenderung mempertahankan kebiasaan mengajar konvensional. Pada aspek Penilaian Autentik, sebagian besar guru tidak melaksanakan penilaian sikap dan penilaian proses. Dari hasil penelitian dikemukakan saran: diperlukan suatu sistem penguatan berupa pelatihan dan supervisi yang berkesinambungan agar imlementasi K-13 berhasil maksimal. Pemangku kebijakan perlu mengaji kembali sistem penilaian autentik. Pemangku kebijakan perlu memperhatikan ketersediaan sarana belajar. Kajian tentang implementasi K-13 perlu terus dilakukan sebagai bagian dari sarana evaluasi dan perbaikan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kuntarto
Date Deposited: 06 May 2017 02:40
Last Modified: 06 May 2017 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item