PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI

PRATIWI, DIAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI.

[img] Text
1. COVER 1.doc

Download (36kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (174kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Dian. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Muaro Jambi. Pembimbing (I) Dr.Suratno, M.Pd. (II) Drs. H.Arpizal, M.Pd Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe NHT, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterbatasan waktu guru untuk mengembangkan model pembelajaran ekonomi yang dapat meningkatkan keterampilan dan keaktifan siswa dalam belajar, sehingga dalam proses pembelajaran siswa kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikirnya. Saat proses pembelajaran berlangsung juga siswa hanya terpaku pada guru, sehingga menyulitkan guru untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. selain itu, siswa belum berani mengemukakan ide atau gagasan maupun menanggapi pertanyaan dan bekerjasama dengan siwa lain. Hal-hal tersebut menunjukkan ciri-ciri bahwa motivasi belajar ekonomi siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa daripada model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grou Design populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Muaro Jambi T.A 2017/2018 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-observasi (sebelum perlakuan) dan post-observasi (setelah perlakuan) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil pre-observasi motivasi belajar siswa kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah sebesar 22.05 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri sebesar 20.45. Hasil ini diperkuat dengan uji hipotesis diperoleh thitung = 3.79 sedangkan nilai ttabel = 2.01. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau (3.79 lebih besar daripada 2.01) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dan Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat perbedaan terhadap hasil pre-observasi antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa yang mengunakan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dari pada motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Saran dalam penelitian ini terutama untuk guru pelajaran ekonomi ada baiknya dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran bervariasi agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa tidak hanya baik dari segi kognitif tetapi juga baik dari segi afektifnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together).

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: DIAN PRATIWI
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:46
Last Modified: 11 Dec 2018 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6283

Actions (login required)

View Item View Item