PUTRI, CHINTHIYA PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X.
Text
1 COVER DEPAN.pdf Download (492kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (489kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (524kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Download (190kB) |
Abstract
ABSTRAK Chinthiya Putri, 2018. Modul berbasis Scientific Approach pada materi Vertebrata untuk siswa SMA kelas X : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Afreni Hamidah, M.Si. (II) Dr. Evita Anggereini, M.Si Kata Kunci: Modul, Scientific Approach, Vertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran modul berbasis Scientific Approach pada materi vertebrata untuk siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Jambi pada 15 Maret - 30 Agustus 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kepada kelompok kecil yang terdiri dari 8 siswa, kelompok besar 20 siswa dan 1 guru bidang studi biologi. Perkembangan ilmu pengetahuan buku yang ada disekolah tidak lagi cukup untuk menjadi satu-satunya sumber belajar siswa siswa juga memerlukan sumber belajar mandiri. Salah satu sumber belajar belajar mandiri yang dapat digunakan adalah modul berbasis Scientific Approach. Hasil penelitian ahli materi pada validasi tahap I dan tahap validasi II memberikan hasil skor validasi yang sama dengan persentase sebesar 75% kategori “Baik” (dengan saran penambahan tujuan pembelajaran, perbaikan pada isi materi modul dan perbaikan gambar pada modul), dan validasi tahap III persetase meningkat menjadi 86,6% kategori “Sangat Baik” (layak diujicobakan). Ahli media memberikan penilaian sebanyak 3 kali, yaitu validasi tahap I dengan persentase 67,8% kategori “Kurang Baik” (dengan saran perbaikan Lay out, cover, pilihan warna, petunjuk soal dan rangkuman). Validasi tahap II dengan persentase sebesar 80% kategori “Sangat Baik” (dengan saran perbaikan desain cover, tampilan gambar dan ukuran font ). dan validasi tahap III persentase meningkat menjadi 90% kategori “Sangat Baik” (layak diujicobakan). Hasil penilaian melalui satu kali penilaian oleh 1 guru biologi diperoleh persentase 75% kategori “Baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh persentase 84,1% kategori “Sangat Baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh persentase 86,6% kategori “Sangat Baik”.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | CHINTHIYA PUTRI |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 06:29 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6284 |
Actions (login required)
View Item |