MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL RADEC PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Delima Kiska, Nurul (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL RADEC PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.

[img] Text
TESIS FULL_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Delima Kiska. 2024. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Peserta didikMenggunakan Model RADEC Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Eddy Haryanto, S.Pd., M.Sc.Ed., MPP., Ph.D (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I. Salah satu alternatif dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran model pembelajaran RADEC. Sintak yang terdapat pada model pembelajaran RADEC ini dapat membantu pembelajaran berpusat pada peserta didik yaitu Read, Answer, Disscus, Explain and Create (RADEC). Pada saat ini kolaborasi menjadi salah satu kegiatan pembelajaran yang sangat diminati oleh peserta didik yang mana pada saat ini keterampilan kolaborasi terdapat pada keterampilan 4C di abad 21, akan tetapi masih banyak peserta didik yang masih pasif dalam kegiatan pembelajaran secara berkolaborasi. IPAS adalah salah satu pembelajaran yang ada pada kurikulum merdeka pada saat ini. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran RADEC. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yang dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini dilakukan dengan sintak yang terdapat pada model pembelajaran RADEC, subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B dengan julah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu observasi dan wawancara. Hasil pada penelitian ini dimana mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I yaitu pada pertemuan satu dan pertemuan 2 mengalami peningkatan 6.6% dan pada siklus II pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 mengalami kenaikan 13.34%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dimana dapat dilihat bahwasanya dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi peserta didik pada pembelajaran IPAS.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Nurul Delima Kiska
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:26
Last Modified: 05 Apr 2024 02:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62849

Actions (login required)

View Item View Item