MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA KELAS IV SD NEGERI 13 /1 MUARA BULIAN

AMORA DWI PUTRI, MELA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA KELAS IV SD NEGERI 13 /1 MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA KELAS IV SD NEGERI 13 /1 MUARA BULIAN.

[img] Text
cover.docx

Download (96kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (419kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Mela Amora Dwi. 2017. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think pair Share pada Kelas IV SD Negeri 13/1 Muara Bulian: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Panut Setiono, M.Pd., Kata Kunci : Percaya Diri, Think Pair Share Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan di SD 13/1 Muara Bulian yang terdiri dari 22 siswa, didapatkan hasil 31,8 % siswa tidak berani mengajukan pertanyaan atau pendapatnya kepada guru, 27,2 %tidak bersedia tampil di depan kelas, kemudian didapatkan juga siswa yang 31,8% berbicara gugup, dan 22,7% siswa menghindarkan diri ketika akan ditanya oleh guru. Hal ini diperkuat dengan perilaku mereka seperti tidak mau maju kedepan kelas, tidak berani tampil bila berhadapan dengan orang banyak, dan tidak mau megajukan pendapatnya, siswa mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain baik dalam proses belajar di dalam kelas maupun dalam suasana informal di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa di SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Mengacu kepada percaya diri siswa yang masih rendah maka perlu adanya proses pembelajaran yang dapat meningkatkan percaya diri siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada proses pembelajaran. Sehingga siswa merasa termotivasi untuk lebih percaya diri pada saat guru mengajar dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus dimana data didapatkan dari lembar observasi siswa dan kegiatan guru dengan menggunakan Model Think Pair Share (TPS) serta dengan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus 1 pada pertemuan I sebesar 63% dan pada pertemuan II menjadi72 %. Pada pertemuan 1 disklus 2 hasil percaya diri siswa sebesar 77% dan pada pertemuan 2 sebesar 82%. Pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu melalui model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan percaya diri siswa melalui II siklus untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dengan kategori tinggi dan sangat tinggi. Hasil akhir pada siklus II yaitu 77% pada pertemuan 1 dan 82% pada pertemuan 2.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MELA AMORA DWI PUTRI
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:53
Last Modified: 11 Dec 2018 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item