PENGARUH METODE PROYEK TENTANG HARI BESAR TERHADAP KETERAMPILAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PINANG MASAK MENDALO INDAH, KABUPATEN MUARO JAMBI

Destalova Anjani, Renanda PENGARUH METODE PROYEK TENTANG HARI BESAR TERHADAP KETERAMPILAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PINANG MASAK MENDALO INDAH, KABUPATEN MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE PROYEK TENTANG HARI BESAR TERHADAP KETERAMPILAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PINANG MASAK MENDALO INDAH, KABUPATEN MUARO JAMBI.

[img] Text
A. COVER.docx

Download (244kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (485kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Anjani, Renanda Destalova. 2018. Pengaruh Metode Proyek Tentang Hari Besar Terhadap Keterampilan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pinang Masak Mendalo Indah, Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Emosda. M.Pd. Kons dan Pembimbing II Nyimas Muazzomi S. Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Proyek, Keterampilan Kecerdasan Interpersonal anak Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode proyek tentang hari besar terhadap keterampilan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Pinang Masak Mendalo Indah Kabupaten Muaro Jambi. Keterampilan Kecerdasan Interpersonal merupakan salah satu dari delapan kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner yang dapat dicapai dengan menggunakan metode pembelajaran salah satunya metode proyek. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian metode eksperimen, desain eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design melalui pendekataan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 TK Pinang Masak Mendalo Indah Kabupaten Muara Jambi yang berjumlah 20 anak. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket. Berdasarkan Hasil penelitian diperoleh nilai pretest 37,3 dan posttest 55,1, maka berdasarkan analisis data nilai Zhitung = 3,919 lebih besar dari nilai Ztabel = 1,96 (Zhitung > Ztabel) Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, metode proyek tentang hari besar berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Pinang Masak dan interpretasi nilai Cohen’s d maka pengaruhnya tergolong moderate effect (sedang). Kesimpulan bahwa“ Metode Proyek Tentang Hari Besar Memiliki Pengaruh Signifikan Sedang terhadap Keterampilan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pinang Masak Mendalo Indahi”. Saran peneliti dengan adanya penelitian ini, diharapkan agar guru dapat memberikan metode pembelajaran yang menarik bagi anak didik salah satunya dengan menggunakan Metode Proyek.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RENANDA DESTALOVA ANJANI
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:53
Last Modified: 11 Dec 2018 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item