KIPRAH SITI WALIDAH DAHLAN DALAM MEMPERJUANGKAN PENDIDIKAN KAUM PEREMPUAN 1914-1946

Putri, Apriani (2024) KIPRAH SITI WALIDAH DAHLAN DALAM MEMPERJUANGKAN PENDIDIKAN KAUM PEREMPUAN 1914-1946. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[img] Text
APRIANI PUTRI_A1A220029_SKRIPSI__.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 2.pdf

Download (238kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kiprah Siti Walidah Dahlan Dalam Memperjuangkan Pendidikan Kaum perempuan 1914-1946. Abad ke-19 merupakan titik terendah bagi pendidikan kaum perempuan karena adanya ketidaksetaraan pendidikan antara perempuan dan laki-laki, hal ini mendorong kemunculan tokoh pahlawan seperti Siti Walidah yang rela berjuang demi harkat martabat perempuan. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk membahas lebih rinci mengenai kondisi pendidikan kaum perempuan sebelum tahun 1914, kiprah Siti Walidah dalam memperjuangkan pendidikan kaum perempuan dan dampak perjuangan Siti Walidah dalam memperjuangkan pendidikan kaum perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode historis yang mana metode ini meliputi tahapan-tahapan seperti heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kondisi pendidikan kaum perempuan sebelum tahun 1914 terjadi ketimpangan antara pendidikan laki-laki dan perempuan karena sekolah-sekolah awalnya hanya diperuntukkan untuk anak laki-laki, sementara anak perempuan hanya mendapatkan pendidikan di rumah dan di lingkungan keluarga. 2) Kiprah Siti Walidah dalam memperjuangkan pendidikan kaum perempuan, ia memulai gerakannya dengan memberikan pembinaaan dalam bidang pendidikan, agama, sosial, dan keterampilan, mendirikan Sopo Tresno, Wal' Ashri, Maghribi School, FROBEL, dan Volk School. Inti dari gerakannya adalah mendirikan Aisyiyah sebagai wadah bagi pendidikan perempuan. 3) Hasil perjuangan Siti Walidah dalam memperjuangkan pendidikan kaum perempuan memberikan dampak yang signifikan bagi pendidikan di Indonesia contohnya adalah tersebarnya organisasi Aisyiyah diseluruh Indonesia, berdirinya TK ABA yang tersebar diseluruh Indonesia, didirikannya lembaga pendidikan dalam naungan Muhammadiyah dan Aisyiyah yang kokoh hingga saat ini. This research discusses the work of Siti Walidah Dahlan in fighting for women's education 1914-1946. The 19th century was the lowest point for women's education because of educational inequality between women and men. This encouraged the emergence of heroic figures such as Siti Walidah who was willing to fight for the dignity of women. The aim of this thesis research is to discuss in more detail the condition of women's education before 1914, Siti Walidah's work in fighting for women's education and the impact of Siti Walidah's struggle in fighting for women's education. The research method used in preparing this thesis is the historical method, which includes stages such as heuristics, source criticism, interpretation, and historiography. The results of this research are 1) The condition of women's education before 1914 was an inequality between men's and women's education because schools were initially only intended for boys, while girls only received education at home and in the family environment. 2) Siti Walidah's work in fighting for women's education, she started her movement by providing guidance in the fields of education, religion, social and skills, establishing Sopo Tresno, Wal' Ashri, Maghribi School, FROBEL, and Volk School. The essence of the movement was to establish Aisyiyah as a forum for women's education. 3) The results of Siti Walidah's struggle in fighting for women's education have had a significant impact on education in Indonesia, for example the spread of the Aisyiyah organization throughout Indonesia, the establishment of ABA Kindergartens spread throughout Indonesia, the establishment of educational institutions under the auspices of Muhammadiyah and Aisyiyah which are strong to this day.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kiprah, Siti Walidah, Pendidikan Perempuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:16
Last Modified: 17 Apr 2024 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62911

Actions (login required)

View Item View Item