Manalu, marsella (2024) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 8 KOTA JAMBI PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi full text_Marsella Natalia Manalu.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
abstrak new.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
halam judul cover.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
halam persetujuan dan pengesahan.pdf Download (336kB) |
Abstract
Manalu, Marsella Natalia 2024 hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 8 Kota jambi pada materi kinematik gerak lurus: skripsi, jurusan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Astalini, (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Kinematika Gerak lurus, Kepercayaan Diri, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 8 Kota Jambi Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi pada Desember 2023. Pada penelitian ini dilakukan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data melalui penyebaran angket kepercayaan diri dan instrumen soal kemampuan berpikir kritis. Adapun sampel penelitian yaitu kelas XI F1 dan F2 SMAN 8 Kota Jambi. Setelah angket dan instrumen disebar, data dianalisis secara kuantitatif dengan uji korelasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa tidak memiliki hubungan yang sangat kuat dengan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 8 Kota Jambi kelas XI pada materi Kinematika Gerak Lurus. Hubungan yang dimiliki antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis sesuai dengan pedoman derajat korelasi dikategori sangat rendah. Meskipun sebagian siswa mungkin memiliki kepercayaan diri yang tinggi didalam proses pembelajaran fisika. Hal tersebut tidak selalu dibebani dengan kemampuan siswa dalam menerapkan kemampuan berpikir kritis pada konteks pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk membangun lingkungan kelas yang mendukung dan inklusif agar siswa dapat mengembangkan rasa percaya diri dan juga mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinematika Gerak lurus, Kepercayaan Diri, Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Manalu |
Date Deposited: | 16 Apr 2024 02:12 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |