PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Ardina, Nika PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (27kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (493kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Ardina, Nika. 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 2 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Dra. Hj. Farida Kohar, M.P. Pembimbing II Amir Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keaktifan, Model Picture and Picture, dan Model Make a Match Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi, menunjukkan bahwa keaktifan belajar sejarah siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match terhadap keaktifan belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yakni eksperimen. Variabel bebas (independen variabel) yaitu model picture and picture (X1) dan model make a match (X2), Variabel terikat (dependen variabel) keaktifan (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data penelitian yakni dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jumlah sampel yg digunakan dalam penelitian ini yakni kelas X IPS 1 berjumlah 36 orang dan kelas X IPS 2 berjumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas SMA Negeri 2 Kota Jambi. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh hasil thitung -1,59 dan ttabel sebesar 0,05 dengan demikian thitung < ttabel (-1,59 < 0,05). Diketahui model pembelajaran Make a Match rata-rata 29,19 lebih aktif dari pada model pembelajaran Picture and Picture rata-rata 27,72.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NIKA ARDINA
Date Deposited: 11 Dec 2018 08:48
Last Modified: 11 Dec 2018 08:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item