PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

DEWI HARYATI, RATNA PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (101kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Haryati, Ratna Dewi. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 30 Muaro Jambi” yang disusun oleh Ratna Dewi Haryati, NIM.A1A314025 telah diperiksa dan disetujui untuk diujikan dalam Sidang Dewan Penguji. Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran sebab siswa akan belajar dengan sungguh – sungguh apabila memiliki motivasi yang tinggi. Motivasi juga senantiasa dapat menentukan intensitas usaha belajar dan prestasi belajar bagi siswa. Dalam hal ini lingkungan juga memiliki pengaruh terhadap peningkatan motivasi siswa dalam belajar. Lingkungan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar SMP Negeri 30 Muaro Jambi . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dilaksanakan di SMP N 30 pada siswa kelas VIII dengan sampel berjumlah 69 siswa. data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, diolah dengan analisis regresi sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan bantuan program Microsot Excel 2007 dan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi secara parsial (uji t) diperoleh t tabel diperoleh t tabel sebesar sebesar 1,996 (nilai signifikansi 5%) dan dilihat dari tabel t hitung sebesar 6,905 sehingga diketahui bahwa t_hitung>〖 t〗_tabel atau 6,905> 1,996 yang berarti hipotesis diterima. Dalam koefisien detriminasi terdapat pengaruh sebesar 0,416 atau 41,6% yang dipengaruhi motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar, sisanya 58,4% di pengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru dan siswa agar saling mendorong dan memotivasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar yang tinggi dan memuaskan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATNA DEWI HARYATI
Date Deposited: 12 Dec 2018 01:13
Last Modified: 12 Dec 2018 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6299

Actions (login required)

View Item View Item