ANALISIS STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA KELAS XI SMAN 7 KERINCI

Monisa, Dila (2024) ANALISIS STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA KELAS XI SMAN 7 KERINCI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, strategi yang digunakan guru ppkn dalam menanamkan nilai-nilai multikultural pada siswa kelas XI SMAN 7 Kerinci yaitu dengan model pembelajaran komunkatif dan strategi pembelajaran aktif. Dalam menanamkan nilai terbuka guru menggunakan model pembelajaran aktif diskusi sebagai alat utama. Dalam upaya menanamkan nilai mendahulukan guru menggunakan model pembelajaran aktif berupa diskusi dan refleksi. Penerapan nilai kemanusiaan menggunakan model pembelajaran komunikatif dengan metode ceramah. Menanamkan nilai toleransi strategi guru yaitu dengan strategil pembelajaran komunikatif dengan pemberian teladan. Dalam menanamkan nilai tolong-menolong dengan strategil pembelajaran komunikatif melalui pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam menanamkan nilai keadilan guru menggunakan strategi pembelajaran aktif berupa diskusi dan kuis. Adapun faktor penghambat yang dialami guru ppkn dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yaitu meliputi faktor kurangnya perhatian orang tua, kurangnya kesadaran diri siswa, faktor lingkungan, sikap egois,fanatik terhadap agama dan kebijakan sekolah yang tidak mendukung. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru serta siswa saling bekerjasama dalam menerapkan nilai-nilai multikultural agar tidak terjadi lagi kesenjangan sosial atau sulitnya dalam menerima perbedaan. Melihat pentingnya tujuan dari penelitian ini maka diharapkan dapat menjadi alternatif dalam meminimalisir perpecahan dalam hal keberagaman.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Nilai-Nilai Multikultural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: MONISA
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:59
Last Modified: 23 Apr 2024 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63037

Actions (login required)

View Item View Item