Agustin, Amalia (2024) Analisis Penyebab Anak Putus Sekolah (Studi Kasus di Sanggar Kegiatan Belajar Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (857kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apa faktor penyebab anak putus sekolah di Kecamatan Jambi Selatan dan Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangan anak putus sekolah di Kecamatan Jambi Selatan. Penelitian ini dilakukan di Sanggar Kegiatan Belajar, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu Informan dalam penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif ini adalah Anak Putus Sekolah, Orang Tua Anak yang Putus Sekolah, Sekretaris Bidang Pendidikan Non-Formal. Dan Guru Pamong Sanggar Kegiatan Belajar Kota Jambi dan Teknik analisis data yang digunakan Reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan anak mengalami putus sekolah disebabkan oleh faktor minat anak, ketika bersekolah anak tidak berskolah di sekolah favorit dan anak tidak merasa nyaman, anak mengalami kesulitan serta orang tua anak merasa menyesal dan marah pada saat anak tidak melanjutkan sekolahnya. Selain itu faktor lingkungan sekolah, anak pernah dan sering melanggar tata tertib sekolah dan interaksi guru dan staff kurang baik. Kemudian faktor orang tua, ada anak yang hanya tinggal dengan ibunya karena orang tuanya berpisah atau cerai, ketika anak bersekolah orang tua tidak menemani anak pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru serta orang tua mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dan biaya sekolah anak. Adapun faktor ekonomi menjadi faktor penyebab yang paling tinggi karena ketika anak bersekolah biaya dari orang tua dengan penghasilan yang tidak menentu dan anak menjadi terhambat sekolah karena faktor ekonomi dan faktor lingkungan teman sebaya, anak memiliki teman yang tidak bersekolah dan teman tersebut mempengaruhi agar anak juga tidak bersekolah serta upaya penanggulangan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Sanggar Kegiatan Belajar melalui pembelajaran mata pelajaran umum, keterampilan dan pemberdayaan untuk membangkitkan semangat belajar anak. Dari hasil penelitian ini orang tua, guru disekolah dan pemerintah diharapkan untuk memberikan semangat, motivasi terhadap pendidikan anak. Agar anak tidak mengalami putus sekolah serta dapat memberikan upaya penanggulangan yang terbaik agar dapat menekan angka anak mengalami putus sekolah. This research aims to find out what are the factors that cause children to drop out of school in South Jambi District and how efforts can be made to overcome school dropouts in South Jambi District. This research was conducted at the Learning Activity Center, South Jambi District, Jambi City. The data collection methods used in this research are observation, interviews and documentation. After that, the informants in the study who used this qualitative descriptive method were children who dropped out of school, parents of children who dropped out of school, the Secretary of the Non-Formal Education Division. And Pamong Teachers of the Jambi City Learning Activity Studio and data analysis techniques used Data reduction, data display and data verification. The results showed that the factors that cause children to drop out of school are caused by the child's interest factor, when attending school the child does not attend a favorite school and the child does not feel comfortable, the child experiences difficulties and the child's parents feel sorry and angry when the child does not continue his schooling. In addition, school environment factors, children have and often violate school rules and the interaction between teachers and staff is not good. Then the parental factor, there are children who only live with their mothers because their parents are separated or divorced, when the child goes to school the parents do not accompany the child when doing the assignments given by the teacher and the parents have difficulty in meeting the needs and school fees of the child. The economic factor is the highest causal factor because when children go to school the costs of parents with uncertain income and children become obstructed in school due to economic factors and peer environmental factors, children have friends who are not in school and these friends influence children not to go to school and countermeasures made by the Education Office and Learning Activity Centers through learning general subjects, skills and empowerment to arouse children's enthusiasm for learning. From the results of this study, parents, teachers at school and the government are expected to provide enthusiasm, motivation for children's education. So that children do not experience dropping out of school and can provide the best countermeasures in order to reduce the number of children experiencing dropping out of school.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Putus Sekolah, Faktor Penyebab Putus Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | AGUSTIN |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:08 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |