Penerapan Teknik Untung Rugi Dalam Meningkatkan Self Esteem Melalui Layanan Informasi Kelas VIII Di SMP N 8 Kota Jambi

AQMI, MAYA SHIROL (2024) Penerapan Teknik Untung Rugi Dalam Meningkatkan Self Esteem Melalui Layanan Informasi Kelas VIII Di SMP N 8 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITRAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Kepustakaan.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Maya, s,a.FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Harga diri merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam menjalankan kehidupan seheri-harinya, yang dapat memberikan perasaan berhasil dan berguna walaupun individu tersebut memiliki kelemahan dan bahkan mengalami sebuah kegagalandalam hidup. Harga diri merupakan bagaimana cara kita sebagai seorang individu memandang dan menilai diri kita sendiri entah positif dalam artian baik dan negatif dalamartian buruk, juga harga diri ini terbentuk dari pikiran, perasaan, dan keyakinan kita tentangdiri sendiri. Sesuai temuan peneliti dilapangan ditemukannya beberapa siswa yang masih memilikiself esteem yang rendah. Akan tetapi telah dilaksanakannya layanan BK terkhususlayanan informasi yang dibarengi dengan teknik untung rugi dalam hal penghargaan diri telah mengalami perubahan secara positif. Penelitian ini bertujuan untuk adanya sebuah perbaikan, perubahan yang berkaitan dengan permasalah penghargaan diri (self esteem) mengalami peningkatan dengan teknik untung rugi dalam layanan informasi. Penelitian ini dibatasi dengan masalah Penerapan Teknik Untung Rugi Dalam Meningkat Self Esteem Melalui Layanan Informasi Siswa Kelas VIII Di SMP N 8 Kota Jambi. Teknik untung rugi ini sangat efektif dalam membantu siswa untuk berpikir kritis dengan mempertimbangkan aspek plus-minus atapun untung rugi nya dari kita mengetahui dan tidak mengetahui keberhargaan diri (self esteem), serta membantu membenarkan pandangan dan permasalahan mereka mengenai keberhargaan diri. Jenis penelitian ini adalah PTL (Penlitian Tindakan Layanan). Subjek pada penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas VIII yang saat ini telah naik kelas IX yakni yang terdiri dari 4 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan Refleksi. Dan untuk melihat proses dari setiap siklus yang dilakukan yaitu dengan adanya lembar observasi proses kegiatan yang diisi oleh kolabolator serta lembar angket yang disebarkan kepada siswa. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari setiap pelaksanaan siklus, siklus (I) peningkatan self esteem pada siswa sebesar 39,5%, kemudian pada pelaksanaan siklus ke (2) peningkatan self esteem siswa mengalami peningkatan sebesar 45,8%, lalu pada pelaksanaan siklus ke (3) peningkatan self esteem siswa mengalami peningkatan sebesar 81%. Hendaknya setelah dilakukakan pada tindakan ini dapat meningkatkan self esteem (harga diri) siswa yang awalnya rendah mengalami peningkatan secara positif dengan diberlakukannya penerapan teknik untung rugi melalui layanan informasi. Kata Kunci : Self Esteem, Teknik Untung Rugi, Layanan Informasi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Teknik Untung Rugi, Layanan Informasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: aqmi
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:38
Last Modified: 29 Apr 2024 04:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63143

Actions (login required)

View Item View Item