AL KHOIRIL, SYARIPUDDIN (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERIPIK TEMPE ILHAM DI KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 8 (4). ISSN 0852-8349
|
Text
Artikel.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk keripik tempe Ilham di Kota Jambi, untuk mengetahui atribut yang dianggap penting bagi konsumen keripik tempe Ilham di Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 75 responden, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur indeks kepuasan konsumen produk keripik tempe Ilham secara keseluruhan di Kota Jambi, dan analisis Importance and Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui perbaikan atribut. Hasil penelitian Indeks Kepuasan Pelanggan diperoleh nilai sebesar 0,775 yang menunjukkan bahwa atribut indeks kepuasan konsumen secara keseluruhan dari keripik tempe Ilham adalah rasa, tekstur, aroma, label, kemasan dan harga pada kriteria kepuasan. Rasa keripik tempe, aroma keripik tempe, harga keripik tempe dan kemasan keripik tempe menjadi atribut yang dianggap penting bagi konsumen. This study aims to analyze consumer satisfaction with Ilham tempeh chips products in Jambi City, to find out the attributes that are considered important for Ilham tempeh chip consumers in Jambi City. The research method used is quantitative descriptive, the type of data used primary data and secondary data. The respondent determination technique used in this study is cluster random sampling. The number of respondents in this study was 75 respondents, data collection was carried out using questionnaires. The data analysis method uses validity tests, reliability tests, Customer Satisfaction Index (CSI) analysis to measure the overall consumer satisfaction index of Ilham tempeh chips products in Jambi City, and Importance and Performance Analysis (IPA) analysis to determine attribute improvements. The results of the Customer Satisfaction Index research obtained a value of 0.775 which shows that the overall consumer satisfaction index attributes of Ilham tempeh chips are taste, texture, aroma, label, packaging and price on the satisfaction criteria. The taste of tempeh chips, the aroma of tempeh chips, the price of tempeh chips and the packaging of tempeh chips are attributes that are considered important for consumers.
| Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Pertanian |
| Depositing User: | Khoiril |
| Date Deposited: | 21 May 2024 03:09 |
| Last Modified: | 21 May 2024 03:09 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
