Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Disiplin Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad Pulau Kijang

Darmadi, M. (2024) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Disiplin Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad Pulau Kijang. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Full Skripsi M. Darmadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
2. Cover Skripsi M. Darmadi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan M. Darmadi.pdf

Download (556kB)
[img] Text
4. BAB I M. Darmadi.pdf

Download (124kB)
[img] Text
5. BAB V M. Darmadi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
6. Daftar Rujukan M. Darmadi.pdf

Download (172kB)
Official URL: http://librarynew.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang diidentifikasi di lapangan, masih terdapat disiplin siswa yang masih kurang seperti terlambat masuk kelas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan, tidak menyimak saat proses pembelajaran, dan keluar masuk saat kelas berlangsung, serta terdapat permasalahan pada guru baru yang masih baru dan adaptasi sehingga tidak disegani oleh siswa. Permasalahan lainnya adalah masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan kompetensi kepribadian guru terhadap disiplin siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Pulau Kijang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/i VII, VIII, dan IX Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Pulau Kijang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling sebanyak 153 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap Disiplin Siswa dengan nilai thitung 14,529 sedangkan ttabel 1,975 diperoleh hasil bahwa 14,529 > 1.975 maka H0 ditolak dan Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap disiplin siswa dengan nilai t hitung 13,044 sedangkan t tabel 1,975 diperoleh hasil bahwa 13,044 > 1,975 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan (3) Terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan kompetensi kepribadian guru terhadap Disiplin siswa sebesar 75,3%, sisanya 24,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan perolehan 1) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap disiplin siswa dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. 2) pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap disiplin siswa dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. 3) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan kompetensi kepribadian guru secara bersamaan terhadap disiplin siswa dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Serta saran dari penelitian ini adalah 1) peneliti selanjutnya mampu menemukan faktor-faktor lain yang mempengaruhi disiplin siswa sehingga penelitian dapat memperoleh gambaran yang utuh, 2) peserta didik mampu meningkatkan keaktifannya di kegiatan ekstrakurikuler Pramuka agar disiplin siswa dapat lebih meningkat, dan 3) guru diharapkan mampu meningkatkan kompetensi kepribadian agar menjadi panutan dan contoh bagi peserta didik di sekolah terutama dalam disiplin.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka Kompetensi Kepribadian Guru Disiplin Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Darmadi
Date Deposited: 02 May 2024 04:26
Last Modified: 10 Jul 2024 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63221

Actions (login required)

View Item View Item