PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL 4D PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 13 KOTA JAMBI

Andani, Desi (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL 4D PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 13 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (270kB)
[img] Text
Abstrak (1).pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (187kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING & HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ASAM BASA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Andani., Desi. 2024. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kritis Dengan Model 4D pada Materi Asam Basa di SMAN 13 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M. Si (II) Dr. Drs. Haryanto, M. Kes Kata Kunci : Kimia, Instrumen Penilaian, Berpikir Kritis, Asam Basa Kimia merupakan ilmu alam yang melatih keterampilan yang diperlukan untuk berpikir secara teratur dan sistematis sesuai langkah-langkah metode ilmiah. Pencapaian tujuan pembelajaran kimia dalam kehidupan nyata memerlukan penggunaan instrument penilaian yang juga dapat melatih kemampuan berfikir tingkat tinggi. Terlebih untuk materi asam basa yang sarat dengan konsep dan berkaitan untuk materi selanjutnya sehingga siswa perlu untuk memahami dalam ranah tingkat tinggi sebagai awal dari konsep siswa untuk memahami konsep kimia pada materi berikutnya. Instrumen penilaian standar akan mengukur secara akurat hasil akhir suatu proses pembelajaran, dari situ hasil belajar siswa akan terdeteksi secara akurat dan dapat digunakan sebagai bahan penilaian untuk program pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara prosedural dan konseptual instrument penilaian berpikir kritis yang dikembangkan oleh peneliti yang mana instrument penilaian ini bertujuan sebagai alat ukur dan alat bantu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Instrument penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian kelayakan ahli materi menyatakan bahwa instrumen penilaian berpikir kritis ini layak dengan rerata skor yang diperoleh sebesar 4,182 (Layak), selanjutnya hasil dari penilaian guru dan respon siswa menyatakan bahwa instrumen ini Sangat Layak untuk digunakan dan telah dapat mengukur Tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dengan persentase 85.455% (Sangat Layak) dan 86,545% (Sangat Layak). Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa instrument penilaian berpikir kritis pada materi asam basa ini layak digunakan secara teoritis dan praktis sebagai alat ukur penilaian keterampilan berpikir kritis siswa dan berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan pendapat ahli dan penilaian guru.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Andani
Date Deposited: 02 May 2024 07:43
Last Modified: 02 May 2024 07:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63230

Actions (login required)

View Item View Item