Elkanawati, Rahel Agnes (2024) Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (440kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (526kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (384kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (585kB) |
|
Text
SKRIPSI REVISI RAHEL TERBARU 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan kurikulum merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan kurikulum merdeka di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi kebijakan kurikulum merdeka terdapat 3 tahap pelaksanaannya yaitu : 1). Interpretasi, melakukan perencanaan dan diskusi bersama pihak sekolah yang terlibat dalam menerapkan kebijakan kurikulum merdeka, 2). Pengorganisasian, melakukan pengorganisasian dan penyusunan dalam mendesain pembelajaran dari kebijakan kurikulum merdeka, 3). Pelaksanaan, melakukan pelaksanaan implementasi kebijakan kurikulum merdeka berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan berjalan sesuai dengan panduan dari kurikulum merdeka. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu berupa faktor pendukung yaitu semangat pendidik dalam pembelajaran dan dukungan dari pihak sekolah, sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah terbatasnya biaya dan sarana prasarana dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah dan guru sebagai tenaga pendidik untuk dapat mienyiapkan kebutuhan sarana dan prasarana yang kurang milalui anggaran yang sudah di siapkan dan guru sebagai tenaga piengajar bagi peserta didik untuk hendaknya pendidik berpartisipasi aktif dalam menerapkan kurilum merdeka dan memberikan suasana yang menarik dan mienyenangkan dalam pelaksanaannya sehingga dapat meningkatkan dunia pendidikan yang unggul. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Kurikulum Merdeka ABSTRACT This research aims to describe the implementation of the independent curriculum policy at SMA Negeri 11 Muaro Jambi as well as the supporting and inhibiting factors for the implementation of the independent curriculum policy at SMA Negeri 11 Muaro Jambi. This research is descriptive research using a qualitative approach with a case study type of research. Informants in this research consisted of school principals, curriculum representatives, teachers and students. Data collection techniques are observation, interviews and document study. Data presentation analysis techniques start from data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Meanwhile, testing the validity of the data uses the data triangulation method. The results of this research show that (1) There are 3 stages of implementation of the independent curriculum policy, namely: 1). Interpretation, planning and discussions with schools involved in implementing the independent curriculum policy, 2). Organizing, carrying out organizing and preparation in designing learning from the independent curriculum policy, 3). Implementation, carrying out the implementation of the independent curriculum policy goes according to plan and runs in accordance with the guidelines of the independent curriculum. (2) Supporting and inhibiting factors are in the form of supporting factors, namely the enthusiasm of educators in learning and support from the school, while the inhibiting factors are limited costs and infrastructure for learning. From the results of this research, it is recommended that school principals and teachers as teaching staff be able to prepare for the inadequate facilities and infrastructure needed through the budget that has been prepared and teachers as teaching staff for students should actively participate in implementing the independent curriculum and provide an attractive atmosphere. and fun in its implementation so that it can improve the world of superior education. Keywords : Policy Implementation, Independent Curriculum
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Policy Implementation, Independent Curriculum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | ELKANAWATI |
Date Deposited: | 03 May 2024 06:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63246 |
Actions (login required)
View Item |