Fitriana, Wahyu (2024) Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (294kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI AYU.pdf Download (192kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (394kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI WAHYU FITRIANA.pdf Download (2MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (437kB) |
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan kecenderungan perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas akademik. Sedangkan hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Kecenderungan menunda-nunda tugas akademik dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Apabila individu cenderung melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas maka hasil belajar akan rendah. Begitupula sebaliknya, apabila individu segera mengerjakan tugas akademik maka hasil belajar akan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi sebanyak 219 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang diambil dengan teknik Random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik dan leger nilai hasil belajar siswa kelas VIII semester ganjil T.A 2022/2023. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum prokrastinasi akademik siswa berada pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 42,06 %, dan hasil belajar berada pada tingkat sangat tinggi dengan persentase sebesar 90,12%. Pada hasil penelitian ini menunjukan determinasi barada pada angka 0,116 atau 11,6%. Kriteria penafsiran pengaruh determinasi 0,116 atau 11,6 % berada pada kategori rendah tapi pasti (0,05 – 0,16) maka penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel prokrastinasi akademik (X) terhadap hasil belajar (Y). Dengan adanya temuan ini guru BK hendaknya dapat memberikan upaya pencegahan dengan memberikan beberapa layanan yang dilengkapi dengan informasi penting terkait dampak buruk prokrastinasi akademik. Academic procrastination is a behavioral tendency to procrastinate in carrying out academic assignments. Meanwhile, learning outcomes are the abilities that students have after receiving their learning experience. The tendency to procrastinate academic assignments can affect student learning outcomes. If individuals tend to delay doing assignments, learning outcomes will be low. Likewise, if individuals immediately carry out academic assignments, learning outcomes will be good. This research aims to reveal the level and influence of academic procrastination on the learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 7 Muaro Jambi. The population in this study was 219 students in class VIII at SMP Negeri 7 Muaro Jambi. The sample in this research was 80 students taken using random sampling technique. This type of research is quantitative research with an ex post facto approach. The instruments or data collection tools used were academic procrastination questionnaires and a review of class VIII student learning outcomes for the odd semester of FY 2022/2023. Data were analyzed using the C formula percentage calculation, normality test, linearity test and simple regression analysis. The research results show that in general students' academic procrastination is at a moderate level with a percentage of 42.06%, and learning outcomes are at a very high level with a percentage of 90.12%. The results of this study show that the determination is at 0.116 or 11.6%. The criteria for interpreting the influence of determination of 0.116 or 11.6% are in the low but certain category (0.05 - 0.16), so this research shows that there is a significant influence between the academic procrastination variable (X) on learning outcomes (Y). With these findings, guidance and counseling teachers should be able to provide prevention efforts by providing several services equipped with important information regarding the negative impacts of academic procrastination.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Fitriana |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:35 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63283 |
Actions (login required)
View Item |