Suryati, Suryati (2024) Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SURYATI TERAKHIR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah-masalah yang terkait dengan motivasi belajar siswa di sekolah yang dipengaruhi beberapa faktor yang salah satunya adalah kecerdasan emosi. Motivasi berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, jika kecerdasan emosi siswa rendah dapat menyebabkan motivasi belajar siswa rendah sehingga timbulmya berbagai permasalah seperti suka melihat tugas orang lain, mengobrol ketika jam pelajaran berlangsung, meninggalkan kelas dan tidak mengikuti proses pembelajaran sampai selasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan emosi, mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa, serta untuk mengungkapkan hubungan antara kecerdasan emosi dengan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi, adapun untuk penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 122 orang siswa kelas XI Tahun ajaran 2023/2024 SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan skala Likert. Hasil peneliltian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosi yang dimiliki siswa berada kategori tinggi dengan persentase sebesar 74,98%, motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai persentase sebesar 68,09%. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai signifikan 0,000<0,05 dan nilai r hitung 0,660 berada pada rentang (0,41-0,70) yang ditafsirkan termasuk masuk kategori memiliki hubungan sedang (hubungan memadai) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru Bimbingan dan Konseling sebagai bahan informasi dan evaluasi bagi guru Bimbingan dan Konseling untuk membantu dan mengajak siswa memperhatikan kecerdasan emosi yang dimiliki siswa. Hal ini berguna dalam upaya menjaga serta meningkatkan motivasi siswa dalam belajarnya. Kata kunci : Kecerdasan Emosi, Motivasi Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosi, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Suryati |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:30 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |