Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA

Hafizah, Mutia (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA. Jurnal Inspiratif Pendidikan, XII (2). pp. 625-639.

[img] Text
1. Tesis.pdf

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (24kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (754kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (236kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspi...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-modul berbasis Problem Based Learning pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara daring atau luring. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan soal pretest-posttest berpikir kreatif terhadap 20 siswa di SMA Negeri 10 Sarolangun. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa E-modul berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran pada tahap uji coba. Respon guru dan tanggapan siswa terhadap E-modul yang dipelajari adalah sangat baik untuk digunakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan. Sedangkan untuk keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain yang diperoleh yang berada pada kategori . Hal ini berarti bahwa E-modul yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: E-modul, problem based learning, berpikir kreatif, sistem pencernaan manusia

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Hafizah
Date Deposited: 21 May 2024 03:20
Last Modified: 21 May 2024 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63345

Actions (login required)

View Item View Item