Hasana, Yosi PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIKA MODERN UNTUK MENGHITUNG PANJANG GELOMBANG LASER HE-NE DENGAN KISI DIFRAKSI. Jurnal Inspirasi Pendidikan. (In Press)
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (185kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (242kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (785kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (564kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (773kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (774kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
Abstract
Pembelajaran fisika ideal nya adalah pembelajaran yang berbasis praktikum. Namun pada mata kuliah fisika modern ini belum pernah dilaksanakan praktikum karena belum ada panduan kegiatan praktikum terutamap ada materi difraksi kisi untuk menghitung panjang gelombang laser He-Ne dengan kisi difraksi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengembangkan penuntun praktikum difraksi kisi untuk menghitung panjang gelombang laser He-Ne pada mata kuliah fisika modern. Untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum fisika modern sebagai pembelajaran tambahan untuk membantu mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan sehingga memudahkan mahasiswa mengetahui materi difraksi kisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D). model 4D yang dikembangkam oleh Thiagarajan (1974). Model 4D terdiri atas 4 tahap yaitu define, design,develop, dan dessiminate. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2021 Universitas Jambi. Instrument pengumpulan data didapatkan dari angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket persepsi mahasiswa. Data kualitatif diperoleh dari komentar ahli sedangkan data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket presepsi mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penuntun praktikum berada dalam kategori sangat layak dengan presentase kelayakan untuk media sebesar 91,7% dan materi sebesar 85%. Respon mahasiswa terhadap penuntun praktikum berada pada kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika modern dengan presentase 78,83% dan rata-rata 3,15. Maka didapatkan kesimpulan bahwa penuntun praktikum fisika modern pada materi difraksi kisi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan sumber belajar. Kata Kunci: Penuntun Praktikum, Laser He-Ne, Kisi Difraksi, Fisika Modern
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hasana |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:36 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63512 |
Actions (login required)
View Item |