Ibrohim, M. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA COUNTING BOX PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
2020_Skripsi_M. Ibrohim_A1D120029.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Prosedur pengembangan media counting box pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I Sekolah Dasar, (2) mengetahui tingkat validitas pengembangan media counting box yang dikembangkan, dan (3) mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran counting box yang dikembangkan. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan memanfaatkan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif mencakup masukan dari validator materi dan media terhadap produk yang dikembangkan, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket validasi materi dan media, serta angket respon dari pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas I SDN 103/II Tanjung Agung pada bulan Februari 2024. Data dikumpulkan melalui angket validasi yang disampaikan kepada ahli materi pembelajaran dan ahli desain media pembelajaran, serta tanggapan dari pendidik dan peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis untuk menilai validitas dan kepraktisan media pembelajaran counting box yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah media counting box pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan skor persentase 87,5% dengan kategori sangat valid, sementara hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor persentase 92,5% dengan kategori sangat valid. Respon dari pendidik menunjukkan skor persentase 95% dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan media pembelajaran counting box juga diuji melalui respon peserta didik, dengan hasil persentase 95,60% pada uji coba kelompok besar. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media counting box pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar ini sangat valid dan praktis, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di kelas I Sekolah Dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Counting Box, Penjumlahan dan Pengurangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Ibrohim |
Date Deposited: | 16 May 2024 01:25 |
Last Modified: | 16 May 2024 01:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |