Saing, Priskilla Elisabet (2024) Nilai-nilai Karakter Dalihan Na Tolu Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Ujung Padang. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
cover0200019244.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
Artikel-2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Nilai-nilai Karakter Dalihan Natolu dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Di SMAN 1 Ujung Padang. Dalihan Na Tolu merupakan sistem sosial kultural masyarakat Batak Toba yang mengatur siapa yang harus bersikap bagaimana, terhadap siapa, dan untuk alasan apa. Tujuan penelitian untuk mengetahui awal terbentuknya Dalihan Na Tolu pada suku Batak Toba, mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Dalihan Na Tolu, mengetahui relevansi nilai-nilai karakter Dalihan Na Tolu terhadap pembelajaran sejarah di SMAN 1 Ujung Padang. Penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metodeyang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode yang pada umumnya digunakan untuk penelitian kualitatif yang meliputi langkah-langkah kegiatan observasi yaitu pengamatan secara langsung, melakukan wawancara kepada Raja Parhata, guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik. Kemudian, penulis melakukan pengumpulan dokumentasi dan data-data lainnya sebagai informasi tambahan. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Terbentuknya Dalihan Na Tolu pada suku Batak Toba melalui susunan tiga batu pengapian alat memasak yang dijadikan simbol dasar hidup orang Batak. Dalihan artinya tungku, Na artinya yang, Tolu artinya tiga. Tiga tungku tersebut ialah Somba Marhulahula, Manat Mardongan Tubu, dan Elek Marboru berfungsi membentuk garis kekerabatan tiga pihak melalui ikatan pernikahan menjadi satu kesatuan. 2) Nilai-nilai karakter yang terdapat pada Dalihan Na Tolu meliputi nilai toleransi, dispilin, demokratis, cinta damai, tanggung jawab, lemah lembut dan solidaritas. 3) Nilai-nilai karakter Dalihan Na Tolu memiliki relevansi pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Ujung Padang melalui analisis kurikulum dan silabus yang berlaku. Materi sejarah perjuangan Sisingamangaraja XII yang mencerminkan nilai-nilai karakter Dalihan Na Tolu dapat diwujudkan dalam pembelajaran dikelas. Dalam upaya penguatan Pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah tersebut telah dipilih KD : menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ke dalam RPP This research discusses Dalihan Natolu's character values and their relevance In Learning at SMAN 1 Ujung Padang. Dalihan Na Tolu is a system The social and cultural aspects of the Toba Batak people regulate who should behave how, against whom, and for what reasons. The aim of the research is to find out the beginning of the formation of Dalihan Na Tolu in the Toba Batak tribe, knowing the values characters contained in Dalihan Na Tolu, knowing the relevance of values Dalihan Na Tolu's character towards history learning at SMAN 1 Ujung Padang. This research is included in qualitative research with a descriptive approach. The method used in this thesis research is the general method used for qualitative research which includes observation activity steps namely direct observation, conducting interviews with Raja Parhata, the teacher history subjects and students. Then, the author carried out the collection documentation and other data as additional information. Thesis research results These are 1) The formation of Dalihan Na Tolu in the Toba Batak tribe through a triple arrangement The ignition stone for cooking tools is used as a basic symbol of life for the Batak people. Dalihan means furnace, Na means yang, Tolu means three. The three stoves are Somba Marhulahula, Manat Mardongan Tubu, and Elek Marboru function to form a line kinship between three parties through the marriage bond becomes one unit. 2) Values The characters contained in Dalihan Na Tolu include the values of tolerance, discipline, democratic, love peace, responsibility, gentleness and solidarity. 3) Values Dalihan Na Tolu's character has relevance to history learning at SMAN 1 Ujung Padang through analysis of the applicable curriculum and syllabus. Historical material the struggle of Sisingamangaraja XII which reflects the values of Dalihan Na's character Tolu can be realized in classroom learning. In an effort to strengthen education character through history learning has been chosen KD: analyzing roles national and regional figures in the fight for Indonesian independence to in the RPP
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter, Dalihan Na Tolu, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Depositing User: | Saing |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:10 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |