KOMUNIKASI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Aulya, Maisie (2023) KOMUNIKASI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (531kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Aulya, Maisie. 2023. Komunikasi Synchronous dan Asynchronous pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Sofyan, M.Pd., (II) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi, Synchronous, Asynchronous, Pembelajaran Daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi Syncrhonous dan Asynchronous pada pembelajaran daring mata pelajaran Geografi kelas X IPS di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Metode Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melalui pendekatan kualitatif dan penelitian ini termasuk jenis penelitian fenomenologi. Partisipan pada penelitian ini yaitu Siswa dan Guru. Teknik yang digunakan pada saat pengumpulan data yakni memanfaatkan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik dalam menganalisis keabsahan data yaitu dengan menerapkan Triangulasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung saat ini, sebagian besar mengkombinasikan kedua tipe komunikasi synchronous dan asynchronous. Guru dan siswa memiliki preferensi yang tinggi terhadap beberapa aplikasi, yaitu: Whatsapp, Zoom Meeting, Google meet. Selanjutnya, kesadaran sosial siswa dalam belajar secara daring masih rendah dikarenakan keterbatasan guru dan siswa dalam menguasai media pembelajaran daring, kuota internet, handphone, dan sebagainya. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini peneliti memiliki saran agar diadakannya sistem pelatihan untuk pendidik dalam memberikan pengajaran khusus pelatihan komunikasi synchronous dan asynchronous kepada peserta didik agar materi ajar menjadi lebih menarik karena hal ini mempengaruhi siswa dalam memahami.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Synchronous, Asynchronous, Pembelajaran Daring.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Aulya
Date Deposited: 16 May 2024 03:46
Last Modified: 10 Jul 2024 05:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63660

Actions (login required)

View Item View Item